Behaviors Model of Internet Use on Women Teachers by Using Unified Theory of Acceptance and Use of Technology

  • Farida Farida

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui sikap dan pola atau prilaku penggunaan internet oleh ibu
guru, baik yang sifatnya terkait profesi, maupun yang tidak terkait profesi serta intenstitas penggunaan
layanan internet; (2) Mengukur persepsi tentang internet dan tingkat penguasaan internet sebagai faktor
pendorong utama penggunaan internet oleh ibu guru SD;; dan (4) Menganalisis model prediksi adopsi
internet dengan menggunakan lima prediktot dari model UTAUT. Variabel prediktornya adalah
performance expectancy, effort expectancy, internet-anxiety,internet-self efficacy, dan social influence.
Status atau tingkat adopsinya diukur dengan tiga skala yaitu internet adopter, potential adopter, dan nonadopter.
Sampel penelitian adalah ibu guru yang mengajar di Sekolah Dasar di wilayah Jakarta Selatan.
Teknik analisis yang digunakan adalah analisis diskriminan untuk mengetaui tingkat prediksi adopsi
internet di kalangan ibu guru SD. Kelompok internet adopter cenderung menunjukkan persepsi tentang
dampak, kemudahan penggunaan, pemahaman teknis, dan pengaruh sosial yang lebih tinggi sedangkan
kelompok potential adopter dan non-adopter cenderung menunjukkan tingkat kekhawatiran yang tinggi
terhadap internet. Tingkat adopsi penggunaan internet dapat diprediksi dengan menggunakan lima
variabel UTAUT yaitu sebesar 76,7 persen untuk tingkat adopsi tiga skala dan 80 persen untuk tingkat
adopsi dengan 2 skala yaitu internet adopter dan non-adopter.

Published
2017-04-12
How to Cite
FARIDA, Farida. Behaviors Model of Internet Use on Women Teachers by Using Unified Theory of Acceptance and Use of Technology. Proceeding; Vocational Education in IT Polytechnic; Competitive Advantage in ICT, [S.l.], apr. 2017. ISSN 2087-1562. Available at: <http://journals.telkomuniversity.ac.id/aptikom/article/view/656>. Date accessed: 18 nov. 2017.