PENGABDIAN KEPADA MASYARKAT PELATIHAN PEMANFAATAN RUMAH PINTAR OLEH MASYARAKAT DALAM RANGKA MENGURANGI KESENJANGAN DIGITAL DESA WARGA SALUYU 2017

  • Mellia Liyanthy
  • Anggoro Ari Nurcahyo
  • R Djunaedy Sakam

Abstract

Kesenjangan digital yang terjadi di Indonesia disebabkan oleh pembangunan infrastruktur Information Communication Technology (ICT) yang belum merata, pembangunan rumah pintar di pedesaan merupakan salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut. Tapi hal tersebut bukan satu- satunya penyebab, karena dapat juga disebabkan oleh ketidaksiapan masyarakat untuk memanfaatkan infratruktur ICT tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah upaya untuk mempersiapkan masyarakat agar pemanfaatannya menjadi optimal. Pelatihan merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tahapan pelatihan meliputi identifikasi kebutuhan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Terdapat 4 indikator yang digunakan untuk mengukur tingkat kesiapan masyarakat yaitu reaksi, pembelajaran, perilaku kerja, dan hasil. Pelatihan yang telah dilakukan mendapatkan tanggapan yang positif lebih dari 90% peserta, yang menyatakan sudah mengetahui dan termotivasi untuk memanfaatkan rumah pintar dalam pekerjaan mereka sehari-hari, maka dengan demikian dapat membantu mengurangi kesenjangan digital yang masih terjadi saat ini.

Published
2018-10-24
How to Cite
LIYANTHY, Mellia; NURCAHYO, Anggoro Ari; SAKAM, R Djunaedy. PENGABDIAN KEPADA MASYARKAT PELATIHAN PEMANFAATAN RUMAH PINTAR OLEH MASYARAKAT DALAM RANGKA MENGURANGI KESENJANGAN DIGITAL DESA WARGA SALUYU 2017. Charity, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 142-154, oct. 2018. Available at: <http://journals.telkomuniversity.ac.id/charity/article/view/1587>. Date accessed: 20 mar. 2019. doi: https://doi.org/10.25124/charity.v1i01.1587.