IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI, WEB CONFERENCE DAN VIDEO MULTIMEDIA UNTUK MENDUKUNG PELAKSANAAN KEGIATAN KKN TEMATIK CITARUM HARUM

person Rina Pudjiastuti (Telkom University)
person Agus Pratondo (Telkom University)
person Mochammad Fahru Rizal (Telkom University)
person Kurniawan Nur Ramdhani (Telkom University)

Keadaan lingkungan sekitar Citarum telah banyak berubah sejak paruh kedua dasawarsa 1980-an. Industrialisasi yang pesat sejak akhir 1980-an di kawasan sekitar sungai ini telah menyebabkan menumpuknya limbah buangan pabrik-pabrik di Citarum. Secara umum persoalan Sungai Citarum terbagi menjadi tiga daerah yaitu hulu, tengah, dan hilir. Pada bagian hulu terjadi penggundulan hutan yang menyebabkan erosi dan pencemaran bahan kimia pertanian sebagai akibat dari penggunaan pestisida. Pada bagian tengah terjadi pencemaran limbah domestik dan limbah medis yang berpeluang merusak ekosistem air tawar. Pada bagian hilir terjadi sedimentasi dan pencemaran limbah industri.


Universitas Telkom sebagai salah satu kampus yang terletak di DAS Cikapundung, yang merupakan anak Citarum, terpanggil untuk berperan serta dalam mensukseskan progam Citarum Harum melalui program pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan output teknologi tepat guna melalui beberapa program. Pertama, sistem informasi program KKN tematik Citarum Harum yang mampu mengkoordinasikan, memonitor pelaksanaan, dan mempublikasikan  pelaksanaan KKN di seluruh kampus di Propinsi Jawa Barat, Jakarta  dan Banten. Kedua, video mengenai kondisi sungai terkini, rencana program KKN tematik Citarum Harum, dan hasil yang diharapkan. Ketiga, sistem komunikasi web conference yang memungkinkan komunikasi video secara real time, dengan teknologi sederhana dengan kualitas baik (menggunakan web conference).

format_quote
Citation
file_copyCopy
PUDJIASTUTI, Rina et al. IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI, WEB CONFERENCE DAN VIDEO MULTIMEDIA UNTUK MENDUKUNG PELAKSANAAN KEGIATAN KKN TEMATIK CITARUM HARUM. Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 3, n. 1, sep. 2019. ISSN 2655-5336. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/charity/article/view/1650>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/charity.v3i1.1650.