STRATEGI PENJUALAN PRODUK BERBAHAN DASAR KELAPA DI BADAN KESWADAYAAN MASYARAKAT ( BKM WONOMUKTI) PAGUYUBAN WARGA DESA MONOHARJO

  • Leni Cahyani Universitas Telkom

Abstract


Pangandaran merupakan daerah yang potensi terbesar sumber daya alam apalagi dari sektor parawisata yang sudah lama ada sehingga produktivitas masyarakat sekitarnya berpengaruh kepada pengunjung. Peranan dari daerah terkait dengan adanya pengembangan Usaha kecil yang dikelola oleh BKM Wonomukti, salah satunya adalah gula semut yang merupakan salah satu usaha yang dijalani oleh masyarakat sekitar Pangandaran. Desa Wonoharjo adalah salah satu desa yang memiliki potensi untuk dikembangkan melalui berbagai strategi penjualan. Permasalahan yang menjadi prioritas dari mitra usaha kecil saat ini pada petani gula semut meliputi yaitu pengolahan gula semut, kreativitas, permasalahan kemasan gula semut sendiri. Selain itu permasalahan pasar belum mampu memanfaatkan peluang yang ada, kurangnya akses, serta belum adanya Kemitraan Usaha. Hasil yang dicapai pada pengabdian masyarakat di desa Wonoharjo sangat besar motivasinya dengan pendampingan yang langsung terjun kepada masyarakat pengrajin gula semut, batok kelapa dan ayaman lidi yang berpotensi tinggi dalam meningkatkan UMKM di Pangandaran. Adanya inovasi kemasan, daya saing jual dan pemasaran melalui web salah satu yang bisa dicapai oleh akademisi dan UMKM gula semut.


 


: Strategi penjualan, Pengembangan pemasaran dan inovasi kemasan, WEB



Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-05
How to Cite
CAHYANI, Leni. STRATEGI PENJUALAN PRODUK BERBAHAN DASAR KELAPA DI BADAN KESWADAYAAN MASYARAKAT ( BKM WONOMUKTI) PAGUYUBAN WARGA DESA MONOHARJO. Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 3, n. 1, sep. 2019. ISSN 2655-5336. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/charity/article/view/2105>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/charity.v3i1.2105.