ADAPTASI PERMAINAN ANGKLUNG KE DALAM PERMAINAN DIGITAL BERBASIS TEKNOLOGI LAYAR SENTUH

  • Erneza Dewi Krishnasari

Abstract

Angklung adalah salah satu alat musik tradisional Indonesia yang saat ini telah melalui banyak perubahan, baik dalam segi bentuk, maupun fungsi. Awalnya, angklung digunakan untuk aktivitas spiritual, kemudian berkembang menjadi alat musik yang ditampilkan di panggung, serta menjadi alat edukasi. Beberapa tahun belakangan, seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, angklung diadaptasi ke media-media digital, salah satunya media dengan teknologi layar sentuh. Dalam mendesain permainan digital dengan angklung sebagai objeknya, beberapa adaptasi diperlukan untuk mengubah metode manual menjadi digital. Penelitian ini disusun melalui pengumpulan data berupa perngambilan gambar teknik-teknik bermain angklung, maupun dari studi pustaka tentang stuktur permainan digital, dan Interaksi dalam teknologi layar sentuh. Setelah
semua data terkumpul, perancangan permainan digital angklung dapat dilakukan dengan menggabungkan teori game dan interaksi. Penilitian ini dilakukan untuk memberi rekomendasi pengadaptasian permainan angklung secara manual menjadi permainan musik digital dengan teknologi layar sentuh

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-09-06
How to Cite
KRISHNASARI, Erneza Dewi. ADAPTASI PERMAINAN ANGKLUNG KE DALAM PERMAINAN DIGITAL BERBASIS TEKNOLOGI LAYAR SENTUH. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia), [S.l.], sep. 2016. ISSN 2502-2431. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/demandia/article/view/192>. Date accessed: 15 nov. 2019. doi: https://doi.org/10.25124/demandia.v1i01.192.

Warning: array_merge(): Argument #2 is not an array in /client/journals/lib/pkp/classes/core/PKPApplication.inc.php on line 578

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /client/journals/plugins/generic/recommendByAuthor/RecommendByAuthorPlugin.inc.php on line 114