REPRESENTASI NILAI-NILAI PANDANGAN HIDUP ORANG SUNDA DALAM MOBILE APPS KISAH LUTUNG KASARUNG (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

  • Dicky Hidayat
  • Mohd. Asyiek Bin Mat Desa

Abstract

Mobile apps merupakan salah satu bentuk multimedia yang dapat dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran. Mobile apps Kisah Lutung Kasarung merupakan bentuk adaptasi pantun Sunda ke dalam multimedia sebagai upaya mempertahankan nilai-nilai budaya lokal, sekaligus menangkal pengaruh-pengaruh negatif budaya asing yang saat ini kian merasuk ke dalam seluruh aspek kehidupan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi representasi pandangan hidup Orang Sunda yang terkandung dalam mobile apps Kisah Lutung Kasarung. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan analisis semiotika dari Roland Barthes, untuk menemukan representasi teks budaya berupa pandangan hidup Orang Sunda, yang mewujud dalam mobile apps tersebut. Hasil penelitian menunjukkan adanya nilai-nilai pandangan hidup Masyarakat Sunda yang disampaikan melalui mobile apps Kisah Lutung Kasarung. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mobile apps dalam bentuk cerita anak interaktif merupakan media yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran tentang nilai-nilai pandangan hidup orang Sunda untuk anak-anak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-16
How to Cite
HIDAYAT, Dicky; MAT DESA, Mohd. Asyiek Bin. REPRESENTASI NILAI-NILAI PANDANGAN HIDUP ORANG SUNDA DALAM MOBILE APPS KISAH LUTUNG KASARUNG (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan, [S.l.], v. 4, n. 01, p. 81 - 97, may 2019. ISSN 2502-2431. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/demandia/article/view/1973>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/demandia.v4i01.1973.

Most read articles by the same author(s)