PERANCANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PENTAS WAYANG ORANG RAMAYANA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT GENERASI MUDA DALAM PELESTARIAN BUDAYA DI KOTA SURAKARTA

  • Sugiyanto Sugiyanto
  • Godham Eko Saputro
  • Nur Rohman

Abstract

Wayang orang sebagai drama tari tradisional saat ini sudah tidak menarik lagi bagi generasi muda karena hadirnya hiburan modern yang lebih canggih seperti yang berbasiskan multimedia. Keunggulan multimedia adalah dapat menciptakan presentasi dinamis menggunakan teks, grafik, animasi, audio, dan video. Setiap elemen dalam multimedia dapat diadaptasi untuk pertunjukan, salah satunya adalah kesenian tradisional wayang orang. Gebrakan baru yang dilakukan adalah pengaplikasian multimedia interaktif menggunakan visualisasi 3 dimensi beserta sound effect-nya sebagai background pentas, karena usaha meningkatkan minat generasi muda akan lebih efektif dan efisien apabila media yang digunakan adalah media yang memang familiar dengan mereka. Ada 2 metode dengan tujuan berbeda disini; metode pengumpulan data lebih dulu disusul metode perancangan atau pengembangan. Dari hal tersebut maka penetrasi melalui multimedia interaktif adalah salah satu usaha dalam pelestarian pentas wayang orang Ramayana.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-05-17
How to Cite
SUGIYANTO, Sugiyanto; SAPUTRO, Godham Eko; ROHMAN, Nur. PERANCANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PENTAS WAYANG ORANG RAMAYANA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT GENERASI MUDA DALAM PELESTARIAN BUDAYA DI KOTA SURAKARTA. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia), [S.l.], p. 94-112, may 2017. ISSN 2502-2431. Available at: <http://journals.telkomuniversity.ac.id/demandia/article/view/768>. Date accessed: 20 nov. 2017.