KAJIAN USABILITY DALAM KONSEP DASAR USER EXPERIENCE PADA GAME “ABC KIDS-TRACING AND PHONICS” SEBAGAI MEDIA EDUKASI UNIVERSAL UNTUK ANAK

  • Erisa Adyati Rahmasari
  • Dzuha Hening Yanuarsari

Abstract

Proses perkembangan anak menjadi salah satu aspek yang harus diperhatikan oleh orangtua terkait dengan kemampuan dan tumbuh kembang anak di masa yang akan datang. Game edukasi merupakan salah satu media pembelajaran interaktif masa kini yang mulai banyak bermunculan. Game ABC Kids -Tracing and Phonics merupakan salah satu permainan yang cukup diminati oleh anak sebagai permainan berbasis edukasi universal yang bisa diunduh tanpa berbayar dalam aplikasi Play Store dimana hingga saat ini pada awal tahun 2017 sudah diunduh sebanyak satu juta unduhan lebih. Permainan ini memiliki potensi sebagai sarana pendidikan dalam konsep dasar mengenal huruf untuk anak dalam retorika secara universal. Salah satu yang menonjol selain konsep pendidikan dasar dalam game ini adalah konsep interaktif dan visualisasinya yang mampu membawa anak kedalam pengalaman tersendiri dalam belajar. Konsep interaksi dalam aturan permainan yang disajikan secara visual memiliki fitur sederhana dan unik dibandingkan game yang lain.  Penelitian ini mengkaji game ABC Kids-Tracing and Phonics melalui pendekatan  teori Usability dalam konsep dasar User Experience menggunakan metode kuantitatif-kualitatif yang didukung dengan observasi secara langsung terhadap anak. Usability dalam konsep dasar User Experience yang diteliti dalam game ABC Kids-Tracing and Phonics ini terkait dengan learnability, efficiency, memorability, errors dan satisfaction. Luaran yang diperoleh pada penelitian ini berupa wujud rumusan pengalaman pengguna game ABC Kids-Tracing and Phonics yang dikhususkan untuk anak usia dini dimana dijabarkan sesuai dengan pendekatan terhadap teori Usability dalam user experience yang berguna sebagai rujukan pengembangan game edukasi serupa berikutnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-05-17
How to Cite
RAHMASARI, Erisa Adyati; YANUARSARI, Dzuha Hening. KAJIAN USABILITY DALAM KONSEP DASAR USER EXPERIENCE PADA GAME “ABC KIDS-TRACING AND PHONICS” SEBAGAI MEDIA EDUKASI UNIVERSAL UNTUK ANAK. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia), [S.l.], p. 49-71, may 2017. ISSN 2502-2431. Available at: <http://journals.telkomuniversity.ac.id/demandia/article/view/770>. Date accessed: 20 nov. 2017.