IMPLEMENTASI FLIPPED CLASSROOM DENGAN VIDEO TUTORIAL PADA PEMBELAJARAN FOTOGRAFI KOMERSIAL

  • Francisca H. Chandra
  • Yulius Widi Nugroho

Abstract

Makalah ini merupakan bagian penelitian kami tentang penggunaan teknologi multimedia dalam upaya meningkatkan hasil belajar. Pesatnya perkembangan perekonomian dewasa ini memberikan pengaruh positif pada dunia fotografi komersial. Bisnis online adalah salah satu penyebab fotografi komersial menjadi sangat dibutuhkan. Tentunya hal tersebut secara langsung akanmempengaruhi pembelajaran tentang fotografi produk. Dalam pembelajaran fotografi komersial diperlukan pemahaman dan praktek yang intensif. Hal ini diatasi dengan mewajibkan mahasiswa mempelajari teori sebelum perkuliahan dan selanjutanya pada waktu dikelas langsung melakukan praktek. Metode pembelajaran seperti ini dikenal dengan nama metode Flipped Classroom. Media pembelajaran yang digunakan dalam Flipped Classroom adalah media video. Sifat dari media ini dapat membantu pebelajar untuk belajar mandiri. Pada penelitian ini selain belajar melalui video mahasiswa juga belajar secara aktif dengan mempraktekkan teori yang telah dipelajari sebelumnya, dengan bekerja berkelompok dan dengan melakukan diskusi terhadap hasil foto yang telah dicapai. Hasil penelitian kualitatif sederhana menunjukkan bahwa mahasiswa merasa lebih nyaman dalam melakukan praktek pembelajaran dengan cara flipped classroom.  Dari hasil observasi dan wawancara baik terhadap mahasiswa maupun asisten/tutor terlihat bahwa mahasiswa lebih aktif dalam pembelajaran dan termotivasi dengan adanya contoh video yang menampilkan detail pelaksanaan pemotretan sehingga bisa lebih efektif dari segi tenaga dan waktu.

Published
2017-05-17
How to Cite
CHANDRA, Francisca H.; NUGROHO, Yulius Widi. IMPLEMENTASI FLIPPED CLASSROOM DENGAN VIDEO TUTORIAL PADA PEMBELAJARAN FOTOGRAFI KOMERSIAL. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia), [S.l.], p. 20-36, may 2017. ISSN 2502-2431. Available at: <http://journals.telkomuniversity.ac.id/demandia/article/view/772>. Date accessed: 25 sep. 2017.

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /client/journals/plugins/generic/recommendByAuthor/RecommendByAuthorPlugin.inc.php on line 114

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.