PELATIHAN PENGELOLAAN WEBSITE TOKO ONLINE BAGI UMKM DI KAWASAN PASAR TRADISIONAL KLEWER SURAKARTA SEBAGAI STRATEGI MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA)

  • Mohamad Suharto Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Deny Tri Ardhianto Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Anugrah Irfan Ismail Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Nadia Sigi Prameswari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta

Abstract

Tujuan kajian ini adalah memberikan pengetahuan tentang peran toko online (online shop) untuk tingkat pemula bagi UMKM yang belum memiliki toko online atau memiliki kendala dalam memasarkan produknya melalui media online di kawasan pasar tradisional Klewer Surakarta. Metode penelitian adalah studi literatur, observasi dan wawancara. Observasi dilakukan pada proses jual beli antara pemilik usaha dengan calon pembeli sehingga dapat diketahui sejauh mana kekurangan dan kelebihan pemilik usaha dalam melayani calon pembeli. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kolaboratif, antara UMKM dan tim peneliti secara kolaboratif bersama-sama saling mewujudkan program pelatihan pengembangan dan pengelolaan website toko online sebagai strategi dalam menghadapi persaingan pasar. Pelatihan pengelolaan website toko online bagi UMKM sangat dibutuhkan dalam menunjang pemasaran produk di kawasan pasar tradisional Klewer Surakarta. Dengan cara tersebut pemilik usaha memiliki pengetahuan baru mengenai teknologi informasi khususnya dalam mengelola website toko online sebagai salah satu media pemasaran. Dengan memiliki website toko online, akan dapat menekan biaya promosi yang biasanya menggunakan media promosi cetak, seperti: brosur, katalog, iklan majalah dan lain-lain yang membutuhkan biaya yang tinggi. Selain itu toko online memiliki jangkauan yang luas untuk menjangkau calon pembeli. Adanya website toko online akan membantu pengembangan pemasaran usaha dan dapat meningkatkan penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-09-29
How to Cite
SUHARTO, Mohamad et al. PELATIHAN PENGELOLAAN WEBSITE TOKO ONLINE BAGI UMKM DI KAWASAN PASAR TRADISIONAL KLEWER SURAKARTA SEBAGAI STRATEGI MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA). Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia), [S.l.], v. 2, n. 02, p. 229-245, sep. 2017. ISSN 2502-2431. Available at: <http://journals.telkomuniversity.ac.id/demandia/article/view/937>. Date accessed: 26 feb. 2018. doi: https://doi.org/10.25124/demandia.v2i02.937.