INVESTIGASI PERMASALAHAN PERFORMA PENCAHAYAAN DALAM KELAS BUSANA BUTIK SMKN 3 METRO TERHADAP KENYAMANAN VISUAL SISWA

  • Ayulietha Ida Yosefhin
  • Ahmad Nur Sheha

Abstract

SMK adalah jenjang pendidikan yang mempersiapkan kemampuan siswa dalam  melaksanakan pekerjaan tertentu. Busana butik adalah  salah satu penjurusan di SMKN 3 Metro yang dalam  proses pembelajarannya terdapat kegiatan  menggambar, menjahit dan pekerjaan halus lainnya. Proses pembelajaran di dalam  kelas menjadi penting sebagai tempat materi disampaikan. Kelas yang nyaman akan  mendukung proses pembelajaran berjalan dengan baik. Pencahyaan menjadi salah satu elemen pendukung kenyamanan dalam  kelas. Kelas Busana butik SMKN3 Metro memiliki dua sumber pencahyaan yaitu pencahyaan alami dan buatan. Intensitas cahaya yang dirasakan para siswa terkadang terlalu besar dan membuat ketidaknyamanan dalam proses belajar. Penggunaan pencahyaan buatan dan alami secara bersamaan membuat tidak bisa ditentukannya sumber intensitas cahaya yang berlebih dan menyebabkan silau. Pengukuran intensitas setiap titik pada ruang kelas akan menunjukan  pengaruh  yang di berikan dari masing masing sumber pencahyaan. Dengan mengetahui penyebab intensitas cahaya yang terlalu besar maka penanganan pencahayaan akan bisa dilakukan untuk menciptakan ruang kelas yang nyaman bagi para siswa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-05
How to Cite
YOSEFHIN, Ayulietha Ida; SHEHA, Ahmad Nur. INVESTIGASI PERMASALAHAN PERFORMA PENCAHAYAAN DALAM KELAS BUSANA BUTIK SMKN 3 METRO TERHADAP KENYAMANAN VISUAL SISWA. Idealog: Ide dan Dialog Desain Indonesia, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 312-328, apr. 2018. ISSN 2615-6776. Available at: <http://journals.telkomuniversity.ac.id/idealog/article/view/1231>. Date accessed: 24 may 2018. doi: https://doi.org/10.25124/idealog.v2i3.1231.