ANALISIS DESAIN INTERIOR KANTOR CALL CENTER TELKOMSEL DI GEDUNG INFOMEDIA NUSANTARA, BANDUNG DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI RUANG

  • Shafira Andriani
  • Djoko Murdowo
  • Rangga Firmansyah

Abstract

Kantor Call Center Telkomsel merupakan kantor pelayanan call center selama 24 jam yang difasilitasi oleh perusahaan jasa operator telekomunikasi Telkomsel guna mengoptimalkan mutu pelayanan kepada konsumennya. Pengoptimalan pelayanan ini tentunya dipengaruhi oleh internal perusahaan baik dari segi sistem kerja maupun tempat kerja yang menaungi pekerjaan tersebut. Salah satu studi kasus yang diambil, yaitu Kantor Call Center Telkomsel di Gedung Infomedia Nusantara – Bandung. Desain interior pada kantor ini belum teroptimalisasikan penerapannya dimana memengaruhi kepuasan pekerja tersebut, terutama agen call center. Hal ini sering kali menimbulkan rasa jenuh pada agen yang melakukan pekerjaannya secara berulang melayani konsumen yang tidak jarang memberikan keluhan maupun kritik. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif (analisis perbandingan kondisi desain interior eksisting dengan teori psikologi ruang (lima aspek yang dapat membentuk desain tempat kerja yang baik)), terbukti bahwa Kantor Call Center Telkomsel ini belum optimal dalam menerapkan desain interior yang baik dalam menunjang kepuasan pekerja guna mengoptimalkan kinerjanya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-16
How to Cite
ANDRIANI, Shafira; MURDOWO, Djoko; FIRMANSYAH, Rangga. ANALISIS DESAIN INTERIOR KANTOR CALL CENTER TELKOMSEL DI GEDUNG INFOMEDIA NUSANTARA, BANDUNG DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI RUANG. Idealog: Ide dan Dialog Desain Indonesia, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 61-74, jan. 2019. ISSN 2615-6776. Available at: <http://journals.telkomuniversity.ac.id/idealog/article/view/1783>. Date accessed: 25 mar. 2019.

Most read articles by the same author(s)