ADAPTABILITAS PADA JALUR PEDESTRIAN RUSUNAWA PANGGUNGHARJO, SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA

  • Rangga Firmansyah Universitas Telkom

Abstract

Rumah susun adalah bangunan gedung bertingkat yang dibangun dalam suatu lingkungan yang terbagi dalam bagian-bagian yang distrukturkan secara fungsional, baik dalam arah horizontal maupun vertikal dan merupakan satuan-satuan yang masing-masing dapat dimiliki dan digunakan secara terpisah, terutama untuk  tempat hunian yang dilengkapi dengan bagian bersama, benda bersama, dan tanah bersama.  


Fokus penelitian mengambil permasalahan pada pola aktivitas yang terjadi di area pedestrian Rusunawa  Panggungharjo Blok B sebagai bentuk adaptabilitas penghuni, dengan menggunakan metode penelitian behavior yakni studi tentang hubungan arsitektur dan perilaku dalam kaitannya dengan tata ruang studi kasus area pedestrian dan perilaku berupa pola aktivitas yang terjadi di area pedestrian rumah susun.


Dengan luas yang terbatas terkait fisik bangunan peneliti melihat beberapa fenomena yang ditemukan di Rusunawa Panggungharjo, terjadinya penambahan fungsi selain tempat tinggal, penataan perabot yang kurang sesuai untuk ruang terbatas, dan area pedestrian yang dijadikan tempat aktivitas sosial. Kemampuan lingkungan untuk dapat menampung perilaku berbeda yang belum ada sebelumnya bentuk adaptibilitas pada area pedestrian Rusunawa Panggungharjo.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-07-25
How to Cite
FIRMANSYAH, Rangga. ADAPTABILITAS PADA JALUR PEDESTRIAN RUSUNAWA PANGGUNGHARJO, SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA. Idealog: Ide dan Dialog Desain Indonesia, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 63-76, july 2017. ISSN 2615-6776. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/idealog/article/view/843>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/idealog.v1i1.843.