ANALISA SIRKULASI RUANG GERAK PENGGUNA PADA AREA BACA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SWASTA Studi kasus: Perpustakaan Learning Center, Telkom University dan Perpustakaan Universitas Parahyangan

  • Tiarma Isi Naibaho
  • Ully Irma Maulina Hanafiah

Abstract

Perpustakaan diartikan sebagai sebuah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu yang digunakan pembaca dan bukan untuk dijual (Sulistyo, Basuki: 1991). Sebagai fasilitas umum, perpustakaan banyak dikunjungi terutama mahasiswa sehingga menyebabkan banyaknya pengguna perpustakaan yang melakukan aktivitas bersama di dalamnya yang mempengaruhi kenyamanan setiap pengguna. Oleh karena itu dibutuhkan sirkulasi ruang gerak/jarak bersih agar mengurangi persinggungan antar pengguna untuk meningkatkan kenyamanan dan konsentrasi saat membaca di area baca. Namun sirkulasi ruang gerak di area baca perpustakaan Learning Center dinilai masih sangat kurang, hal ini dapat dilihat dari jarak peletakan antar rak buku yang menyebabkan persinggungan antar pengguna satu dengan yang lainnya, jarak rak buku dengan meja baca yang mengganggu sirkulasi ruang gerak pengguna perpustakaan, jarak antar kursi di area diskusi yang sempit sehingga mengganggu sirkulasi jalan pengguna lain dan pengguna yang duduk di belakang meja diskusi tersebut. Untuk mendapatkan sirkulasi ruang gerak yang ideal perlu diketahui ukuran manusia dan aktivitas yang dilakukan di area ruang baca tersebut. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengetahui dan mendalami lebih lanjut sirkulasi ruang gerak pengguna perpustakaan yang baik dan tepat dengan pertimbangan antropometrik dan ergonomi serta dampak dari sirkulasi ruang gerak yang kurang mempertimbangkan standar antropometrik dan ergonomi terhadap pengguna perpustakaan.

Published
2017-10-23
How to Cite
NAIBAHO, Tiarma Isi; HANAFIAH, Ully Irma Maulina. ANALISA SIRKULASI RUANG GERAK PENGGUNA PADA AREA BACA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SWASTA Studi kasus: Perpustakaan Learning Center, Telkom University dan Perpustakaan Universitas Parahyangan. Idealog: Ide dan Dialog Desain Indonesia, [S.l.], v. 1, n. 3, p. 283-296, oct. 2017. ISSN 2477-0566. Available at: <http://journals.telkomuniversity.ac.id/idealog/article/view/979>. Date accessed: 26 feb. 2018.