%A Caroline, Caroline %A Lahindah, Laura %D 2017 %T JURNAL MANAJEMEN INDONESIA Vol. 17 - No. 2 Agustus 2017 35 ANALISA DAN USULAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN METODE ANALISIS SWOT (STUDI KASUS PADA UMKM PAKAN IKAN WARINGIN BANDUNG) %K %X Sektor perikanan di Indonesia dapat dijadikan sebagai salah satu sumber bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Saat ini pasokan ikan di Indonesia berasal dari perikanan budidaya (FAO, 2005). Keberhasilan produksi perikanan budidaya ikan sangat dipengaruhi oleh ketersediaan pakan ikan. PD Waringin merupakan produsen pakan ikan lokal yang berlokasi di Bandung yang sedang mengalami permasalahan dalam pemasaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengusulkan alternatif strategi pemasaran pada PD Waringin. Data-data yang diperlukan diperoleh melalui wawancara kepada pemilik dan menyebarkan kuesioner kepada konsumen. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan matriks EFE dan IFE untuk mengetahui posisi eksternal dan internal perusahaan saat ini. Kemudian dilanjutkan dengan analisa SWOT untuk memperoleh alternatif strategi berdasarkan hasil penyesuaian antara kekuatan dan kelemahan internal dengan peluang dan ancaman eksternal. Hasil analisa lingkungan perusahaan menunjukkan bahwa PD Waringin berada pada posisi eksternal dan internal yang kuat namun masih memerlukan perbaikan. Berdasarkan hasil analisa menggunakan matriks SWOT, diketahui bahwa PD Waringin perlu untuk melakukan pengembangan produk, mengoptimalkan pertumbuhan penjualan dengan cara memperluas jaringan distribusi dan menciptakan strategi promosi baru selain word of mouth untuk menarik konsumen baru misalnya dengan melakukan penjualan secara online. %U //journals.telkomuniversity.ac.id/ijm/article/view/1067 %J Jurnal Manajemen Indonesia %0 Journal Article %R 10.25124/jmi.v17i2.1067 %P 113-123%V 17 %N 2 %@ 2502-3713 %8 2017-11-17