TY - JOUR AU - Mustikasari, Ati AU - Widaningsih, Sri PY - 2017/02/07 TI - PENGARUH E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE TEMPAT WISATA DI KOTA BANDUNG JF - Jurnal Manajemen Indonesia; Vol 16 No 2 (2016)DO - 10.25124/jmi.v16i2.315 KW - N2 - Berwisata sudah menjadi bagian dari kebutuhan sebagian masyarakat di Indonesia. Seiring dengan  meningkatnya minat masyarakat Indonesia berwisata, maka industri parawisata pun mengalami  perubahan pesat. Berbagai peluang usaha di bidang jasa pariwisata pun mulai merambah, seperti  pemesanan tiket, akomodasi, hingga alternatif pilihan perjalanan seperti buku, blog, sosial media, layanan  jasa informasi, hingga pengalaman yang didapat dari orang lain. Hal ini dilakukan agar penggemar  kegiatan wisata mempunyai banyak pilihan berwisata sekaligus mengukur jumlah bujet yang harus  dikeluarkan nantinya. Fenomena kesenangan masyarakat Indonesia yang senang membagi pengalaman,  perasaan, dan lain sebagainya menjadikan media sosial seperti facebook, path, instagram dan lain-lain  sangat populer di Indonesia. Kegiatan ini dinamakan e WOM. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin  mengetahui apakah e-WOM pada media sosial dapat mempengaruhi keputusan berkunjung calon  wisatawan khususnya ke Kota Bandung.  Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 220  responden, yang kemudian diolah dengan menggunakan Analisis Jalur. Variabel yang diuji adalah  Intensity (X1), Valence of Opinion (X2), Content (X3) dan Keputusan berkunjung (Y).  Hasil dari penelitian ini adalah Intensity, Valence of Opinion, dan Content mampu mempengaruhi calon  wisatawan untuk menentukan tempat tujuan wisata yang akan dia kunjungi di Kota Bandung baik secara  parsial maupun simultan. Kata kunci: e-WOM, Keputusan berkunjung, Analisis Jalur, Wisata UR - //journals.telkomuniversity.ac.id/ijm/article/view/315