IMPROVING EMPLOYEE ENGAGEMENT IN DIMENSION OF JOB DEMAND AT PT PLN (PERSERO) UNIT INDUK PEMBANGUNAN JAWA BAGIAN TENGAH I

  • Prima Amalia Institut Teknologi Bandung, Indonesia
  • Aurik Gustomo Institut Teknologi Bandung, Indonesia

Abstract

PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah I (PLN UIP JBT
I) menghadapi tantangan dalam pengelolaan bakat dan keterikatan mereka dengan perusahaan
berdasarkan target skor KPI yang belum tercapai dalam perspektif Organizational
Readiness Organization (OCR) dalam indikator Kesiapan Budaya yang diukur dengan
Employee Engagement. Penelitian ini difokuskan pada identifi kasi akar penyebab skor
Job Demand yang tinggi sebagai dimensi negatif dan mengusulkan perencanaan peningkatan
keterlibatan karyawan berdasarkan Job Demand-Resources Model. Dari hasil
penelitian diketahui bahwa pengukuran dan pengendalian penugasan tambahan merupakan
solusi terbaik untuk mengurangi ketegangan kerja karyawan dan meningkatkan skor
Employee Engagement terhadap dimensi Job Demand yang dapat memberikan dampak
tertinggi terhadap penurunan nilai Tuntutan Pekerjaan di PLN UIP JBT I.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-11-17
How to Cite
AMALIA, Prima; GUSTOMO, Aurik. IMPROVING EMPLOYEE ENGAGEMENT IN DIMENSION OF JOB DEMAND AT PT PLN (PERSERO) UNIT INDUK PEMBANGUNAN JAWA BAGIAN TENGAH I. Jurnal Manajemen Indonesia, [S.l.], v. 17, n. 2, p. 125-136, nov. 2017. ISSN 2502-3713. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/ijm/article/view/1068>. Date accessed: 25 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.25124/jmi.v17i2.1068.
Section
Articles