PENGARUH STRATEGI PEMASARAN WORD OF MOUTH (WOM) DAN PRODUK PEMBIAYAAN SYARIAH TERHADAP MINAT DAN KEPUTUSAN MENJADI ANGGOTA (NASABAH) PADA BAITUL TAMWIL MUHAMMADIYAH (BTM) KOTA BANDAR LAMPUNG

  • Syifa Zakia Nurlatifah
  • R. Masykur

Abstract

Promosi Word Of Mouth dalam dunia perbankan semakin penting dan memiliki strategi yang lebih efektif dibandingakan dengan strategi promosi yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh strategi pemasaran dengan Word of Mouth terhadap minat menjadi anggota (nasabah), menganalisis pengaruh produk pembiayaan syariah terhadap minat dan bagaimana pengaruh strategi pemasaran Word of Mouth terhadap keputusan. Selain itu, penelitian ini juga ingin mengetahui pengaruh produk pembiayaan syariah terhadap keputusan, serta pengaruh minat terhadap keputusan. Proses analisis dilakukan dengan pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan kuisioner. Data yang telah terkumpul diolah dengan menggunakan alat analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisa yang dipergunakan untuk menganalisis data adalah analisis SEM (Structural Equation Model). Analisis SEM pada penelitian ini menggunakan PLS dengan bantuan software Smart PLS. Hasil penelitian dilihat bahwa original sample Word of Mouth berpengaruh positif dan pengaruh yang signifikan (berarti) terhadap minat, sample Word of Mouth memiliki pengaruh yang positif terhadap keputusan dengan pengaruh yang signifikan (berarti), untuk sampel produk berpengaruh positif terhadap minat dan berpengaruh yang positif terhadap keputusan,  dan sampel terakhir minat terhadap keputusan terbukti tidak berpengaruh signifikan antara terhadap keputusan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-01
How to Cite
NURLATIFAH, Syifa Zakia; MASYKUR, R.. PENGARUH STRATEGI PEMASARAN WORD OF MOUTH (WOM) DAN PRODUK PEMBIAYAAN SYARIAH TERHADAP MINAT DAN KEPUTUSAN MENJADI ANGGOTA (NASABAH) PADA BAITUL TAMWIL MUHAMMADIYAH (BTM) KOTA BANDAR LAMPUNG. Jurnal Manajemen Indonesia, [S.l.], v. 17, n. 3, p. 163-184, dec. 2017. ISSN 2502-3713. Available at: <http://journals.telkomuniversity.ac.id/ijm/article/view/1154>. Date accessed: 15 aug. 2018. doi: https://doi.org/10.25124/jmi.v17i3.1154.