Factors Affecting to Consumers Loyalty of Low Cost Green Cars

  • Taufik Zulfikar Fakultas Ekonomi, Universitas Sangga Buana
  • Eva Rachmawati Fakultas Ekonomi, Universitas Sangga Buana

Abstract

Persaingan industri otomotive di Indonesia semakin ketat. Berbagai jenis mobil ditawarkan produsen kepada konsumen semua segmen. Salah satu jenis mobil adalah low cost and green car (LCGC) untuk segmen menengah ke bawah. Kerelasian pelanggan merupakan variabel penting untuk mempertahan loyalitas pelanggan. Citra merek yang baik dapat juga menjadi pendorong pelanggan tetap loyal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen hubungan dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode survey dan data diperoleh dari 400 orang pemilik. Alat analisa yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh manajemen hubungan pelanggan dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan baik secara simultan maupun secara parsial.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-11
How to Cite
ZULFIKAR, Taufik; RACHMAWATI, Eva. Factors Affecting to Consumers Loyalty of Low Cost Green Cars. Jurnal Manajemen Indonesia, [S.l.], v. 18, n. 3, p. 175-183, jan. 2019. ISSN 2502-3713. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/ijm/article/view/1730>. Date accessed: 24 june 2019. doi: https://doi.org/10.25124/jmi.v18i3.1730.