Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Konsumen E-payment (Studi Kasus: Pengguna Kartu Kredit dan Debit di Kota Bandung)

  • Damayanti Octavia
  • Muhammad Damar Hafizh

Abstract

Kemajuan teknologi saat ini membuat banyak sistem menjadi lebih modern, termasuk di bidang keuangan. Salah satunya pembaharuan dalam teknologi perbankan adalah sistem pembayaran non tunai menggunakan kartu, yaitu Kartu Kredit dan Kartu Debit. Bank Indonesia selaku Bank Sentral di Indonesia mengeluarkan salah satu kebijakan yang bernama Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) agar masyarakat bergerak menggunakan sistem pembayaran non-tunai. Dengan adanya kebijakan tersebut, banyak faktor yang membuat masyarakat berpindah menggunakan sistem pembayaran non tunai menggunakan kartu. Faktor-faktor tersebut adalah: Manfaat, Kepercayaan, Efikasi Diri, Kemudahan Penggunaan dan Keamanan. Faktor-faktor ini menjadi variabel bebas dalam penelitian yang akan dikaitkan dengan variabel terikat Persepsi Konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Berdasarkan tipe analisis pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisis linear berganda. Sampel pada penelitian ini sebanyak 401 responden yang merupakan pengguna Kartu Kredit dan Kartu Debit. Pengumpulan data menggunakan kuisioner online Google Form. Pengolahan data yang didapat lalu diolah dengan software statistik IBM SPSS Versi 25. Hasil dari penelitian ini berupa tanggapan responden terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen e-payment dapat dikategorikan baik tiap variabelnya serta tanggapan responden terhadap persepsi konsumen mengenai e-payment termasuk pada kategori sangat baik. Hasil uji pengaruh variabel bebas yaitu: Manfaat,Efikasi Diri, Kemudahan Penggunaan, dan Keamanan terbukti berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu persepsi konsumen mengenai e-payment secara simultan maupun parsial. Namun secara parsial, variabel Kepercayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap persepsi konsumen mengenai e-payment.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-21
How to Cite
OCTAVIA, Damayanti; HAFIZH, Muhammad Damar. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Konsumen E-payment (Studi Kasus: Pengguna Kartu Kredit dan Debit di Kota Bandung). Jurnal Manajemen Indonesia, [S.l.], v. 19, n. 1, p. 01-09, may 2019. ISSN 2502-3713. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/ijm/article/view/1980>. Date accessed: 24 june 2019. doi: https://doi.org/10.25124/jmi.v19i1.1980.