HUBUNGAN ANTARA KUALITAS JASA, CITRA DESTINASI, KEPUASAN PENGUNJUNG DAN NIAT MENGUNJUNGI KEMBALI TAMAN WISATA AIR TERJUN DI BOGOR

  • Andy Mulyana
  • Devi Ayuni

Abstract

Peningkatan jumlah destinasi wisata di Bogor telah mengakibatkan persaingan ketat pada industri pariwisata. Situasi ini mengakibatkan taman wisata air terjun untuk fokus pada pembangunan citra destinasi yang kuat dan pelayanan yang berkualitas agar memberikan kepuasan kepada pengunjung serta menimbulkan niat berkunjung kembali. Penelitian ini menemukan adanya pengaruh kualitas jasa dan citra destinasi terhadap kepuasan niat berkunjung kembali pada taman rekreasi air terjun di Bogor. Populasi penelitian ini adalah pengunjung wisata air terjun akhir minggu di bulan September 2015 dengan ukuran sampel 114 responden. Metode nonprobability sampling dan teknik convenience sampling digunakan dalam penelitian ini. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan kuantitatif menggunakan metode Structural Equation Modeling dengan Smart PLS 2.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas jasa dan citra destinasi masing-masing berpengaruh langsung terhadap kepuasan dan niat berkunjung kembali. Selain itu, kepuasan pengunjung berpengaruh langsung terhadap niat berkunjung kembali. Oleh karena itu, pengelolaan kepuasan pengunjung melalui penyediaan kualitas jasa dan citra destinasi yang tinggi merupakan faktor penting dalam mendapatkan niat berkunjung kembali.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-03-27
How to Cite
MULYANA, Andy; AYUNI, Devi. HUBUNGAN ANTARA KUALITAS JASA, CITRA DESTINASI, KEPUASAN PENGUNJUNG DAN NIAT MENGUNJUNGI KEMBALI TAMAN WISATA AIR TERJUN DI BOGOR. Jurnal Manajemen Indonesia, [S.l.], v. 16, n. 3, p. 163-178, mar. 2017. ISSN 2502-3713. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/ijm/article/view/333>. Date accessed: 10 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.25124/jmi.v16i3.333.
Section
Articles