Pengaruh Community Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Anggota Telkomsel School Community di Sekolah Menengah Atas dan Sederajat di Kota Bandung

  • Sri Nurani Puspa Dewi
  • Heppy Millanyani

Abstract

Saat ini persaingan perusahaan provider semakin ketat dari sebelumnya. Konsumen dengan mudah dapat berpindah dari satu operator ke operator lain sehingga perusahaan dituntut untuk mengubah konsumennya menjadi pelanggan yang loyal dengan membentuk komunitas. Begitupun dengan PT. Telkomsel yang membentuk komunitas, yaitu Telkomsel School Community. Dalam penelitian ini, terdapat variabel bebas yaitu community marketing yang terdiri dari empat sub variabel, yaitu membership, influence, integration and fulfillment of needs, dan shared emotional connections. Dan variabel terikat yaitu loyalitas pelanggan.Penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif dan kausal. Populasi dalam penelitian adalah seluruh anggota komunitas Telkomsel School Community di Sekolah Menengah Atas dan Sederajat di kota Bandung. Sampel yang terpilih adalah 90 responden dengan menggunakan teknik probability sampling melalui pendekatan simple random sampling. Analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Dari hasil analisis regresi linear berganda, diperoleh bahwa community marketing berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan Telkomsel yang menjadi anggota komunitas Telkomsel School Community di Sekolah Menengah Atas dan Sederajat di kota Bandung sebesar 61,1%. Dapat disimpulkan bahwa variabel community marketing berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Dengan demikian PT. Telkomsel perlu mempertahankan elemen-elemen yang sudah dinilai baik dan perlu memperbaiki hal-hal yang masih kurang agar lebih mampu meningkatkan loyalitas pelanggan Telkomsel.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-04-03
How to Cite
DEWI, Sri Nurani Puspa; MILLANYANI, Heppy. Pengaruh Community Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Anggota Telkomsel School Community di Sekolah Menengah Atas dan Sederajat di Kota Bandung. Jurnal Manajemen Indonesia, [S.l.], v. 14, n. 3, p. 233-246, apr. 2017. ISSN 2502-3713. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/ijm/article/view/385>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/jmi.v14i3.385.
Section
Articles