PENGARUH PERSON-ORGANIZATION FIT DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP TURNOVER INTENTION DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR: ANALISIS PADA KARYAWAN GENERASI Y DI PT X, PT Y DAN PT Z

  • Heny Octaviani
  • Yanki Hartijasti

Abstract

Artikel ini menganalisis peran kepuasan kerja dalam memediasi pengaruh person-organization fit terhadap turnover intention dan menganalisis peran kepuasan kerja dalam memediasi pengaruh budaya organisasi terhadap turnover intention pada karyawan generasi Y di PT X, PT Y, dan PT Z. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei dengan memberikan kuesioner dalam pertanyaan tertutup kepada 131 orang dengan usia 21 hingga 36 tahun yang dikategorikan sebagai generasi Y. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis mediasi dengan menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja memiliki peranan sebagai variabel mediasi pada pengaruh person-organiszation fit terhadap turnover intention secara parsial. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel kepuasan kerja memiliki peran sebagai variabel mediator secara penuh pada pengaruh budaya organisasi terhadap turnover intention.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-04-17
How to Cite
OCTAVIANI, Heny; HARTIJASTI, Yanki. PENGARUH PERSON-ORGANIZATION FIT DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP TURNOVER INTENTION DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR: ANALISIS PADA KARYAWAN GENERASI Y DI PT X, PT Y DAN PT Z. Jurnal Manajemen Indonesia, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 1-14, apr. 2017. ISSN 2502-3713. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/ijm/article/view/723>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/jmi.v16i1.723.
Section
Articles