ANALISIS KEPUASAN PADA PENGGUNA SISTEM TCS MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFICATION (STUDI KASUS: PT. TLK, BANDUNG)

  • Rr. Rieka F. Hutami
  • Dhea Ratna Camilia

Abstract

Keunggulan bersaing bagi perusahaan dapat diperoleh dari kinerja perusahaan yang berkualitas, baik kinerja keuangan maupun kinerja aktifitas operasional sehari-hari. Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja aktifitas operasional Teknologi Informasi (TI) yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), maupun pengguna (user). Menindaklanjuti hal ini. PT TLK melakukan integrasi sisten dan bisnis proses melalui empat domain supporting system yang disebut OBCE. Penelitian ini, bertujuan melihat tingkat kepuasan pengguna di salah satu sistem informasi PT TLK yaitu sistem TCS, dimana pengguna sistem TCS merupakan pelanggan internal dari PT TLK. Hasil pengumpulan data diolah dengan menggunakan analisis deskriptif statistik dan analisis tingkat kepuasan. Pengolahan data menunjukkan bahwa dari kelima variabel yaitu variabel content, accuracy, format, ease of use dan timeliness menunjukkan bahwa responden merasa puas dengan kinerja dari sistem TCS saat ini dan menganggap bahwa kinerja sistem TCS tersebut sangat penting untuk ditingkatkan. Variabel yang memiliki nilai kinerja dan harapan paling rendah adalah variabel Ease of Use. Sementara terjadi perbedaan hasil analisis tingkat kepuasan yang menunjukkan variabel Accuracy yang memiliki GAP terbesar. Maka, kami lakukan konfirmasi kepada PT TLK melalui wawancara yang tidak terstruktur

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-04-17
How to Cite
F. HUTAMI, Rr. Rieka; CAMILIA, Dhea Ratna. ANALISIS KEPUASAN PADA PENGGUNA SISTEM TCS MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFICATION (STUDI KASUS: PT. TLK, BANDUNG). Jurnal Manajemen Indonesia, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 15-26, apr. 2017. ISSN 2502-3713. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/ijm/article/view/724>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/jmi.v16i1.724.
Section
Articles