PERTUMBUHAN EKONOMI: INVESTASI PEMERINTAH DAN MANAJEMEN INVESTASI DALAM PERSPEKTIF ISLAM (STUDI DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI LAMPUNG)

  • Femei Purnamasari

Abstract

pertumbuhan ekonomi di kabupaten/kota Provinsi Lampung dan bagaimana pandangan dari manajemen Islam dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan bertujuan untuk menganalisis pengaruh investasi pemerintah, variabel dummy dan manajemen investasi dalam perspektif Islam, berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di kabupaten/kota Provinsi Lampung. Jenis metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggabungkan dua metode; metode kuantitatif dan metode kualitatif, metode kuantitatif diambil dari hasil perhitungan aplikasi data panel Eviews 6, dimana data merupakan gabungan time-series selama 4 tahun (2011-2014) dan penampang (15 wilayah yang terdiri 15 kabupaten / kota di Provinsi Lampung, model analisis yang digunakan yaitu menggunakan ï¬ xed eff ect model  (FEM) sebagai perhitungan dari analisis penelitian ini. Hasil analisis deskriptif penelitian ini adalah. Pertama; investasi pemerintah berpengaruh positif dan signiï¬ kan terhadap pertumbuhan ekonomi. Kedua; variabel boneka/variabel dummy berpengaruh positif dan signiï¬ kan terhadap pertumbuhan ekonomi. Ketiga; manajemen investasi dalam perspektif Islam memahami bahwa investasi bukan hanya kegiatan untuk menambah kekayaan yang dilakukan oleh orang-orang yang mampu memenuhi kebutuhan dasar dan hanya berdasarkan tingkat keuntungan (return) saja tetapi investasi tujuannya lebih kepada untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-07-26
How to Cite
PURNAMASARI, Femei. PERTUMBUHAN EKONOMI: INVESTASI PEMERINTAH DAN MANAJEMEN INVESTASI DALAM PERSPEKTIF ISLAM (STUDI DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI LAMPUNG). Jurnal Manajemen Indonesia, [S.l.], v. 17, n. 1, p. 13-26, july 2017. ISSN 2502-3713. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/ijm/article/view/859>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/jmi.v17i1.859.
Section
Articles