THE QUALITY OF SERVICES (QOS) OF GAMINGANYWHERE ON A GAME WITH SPEECH RECOGNITION SYSTEM AS COMMAND INPUT

  • sussi . . Telkom University
  • Rendy Munadi . Telkom University
  • Nurwulan Fitriyanti . Telkom University
  • Indra Perdana Putra Sutejo Telkom University

Abstract

Perkembangan dunia industri game semakin semarak dengan munculnya teknologi jaringan dibidang Cloud Gaming. Platform Cloud Gaming yang sering digunakan dan sifatnya open source yaitu GamingAnywhere. Dengan menggunakan cloud gaming GamingAnywhere dan platform speech recognition system FreeePIE, client dapat memainkan game berspesifikasi tinggi pada perangkat miliknya yang berspesifikasi lebih rendah dengan sistem input menggunakan perintah suara. Pencinta game yang memiliki kerusakan motoris tangan masih bisa menikmati game dengan inputan suara.


Penelitian akan Cloud Gaming yang ada masih terbatas, karena teknologi Cloud Gaming merupakan teknologi yang baru (2013). Penelitian ini ditujukan untuk memberikan informasi mengenai Quality of Service (QoS) dari GamingAnywhere. Dari hasil pengukuran, untuk meraih QoS yang optimal dalam menjalankan game dengan cloud gaming GamingAnywhere, dibutuhkan minimal bandwidth sebesar 3 Mbps. Bila bandwidth yang diberikan kurang dari 3 Mbps, sistem akan mengalami delay yang massif bernilai ± 0.5 detik pada game NEVERBALL dan bernilai ±  1.9 detik pada game 7 Days to Die dan packet loss yang dihasilkan pun akan sangat tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-26
How to Cite
., sussi . et al. THE QUALITY OF SERVICES (QOS) OF GAMINGANYWHERE ON A GAME WITH SPEECH RECOGNITION SYSTEM AS COMMAND INPUT. Jurnal Elektro dan Telekomunikasi Terapan (e-Journal), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 682 - 692, feb. 2019. ISSN 2442-4404. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jett/article/view/1371>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/jett.v5i2.1371.
Section
NETWORK