PERANCANGAN DAN REALISASI ALAT PENGUSIR NYAMUK MENGGUNAKAN FREKUENSI ULTRASONIK BERBASIS MIKROKONTROLLER

  • Dinda Ardiwinnata
  • Mohamad Ramdhani Prodi D3 Teknik Telekomunikasi, Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom
  • Unang Sunarya Prodi D3 Teknik Telekomunikasi, Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom

Abstract

Sistem kerja dari alat ini yaitu mikrokontroller mengatur keluaran dan membangkitkan frekuensi ultrasonik dengan menggunakan timer dari frekuensi 20 kHz – 65 kHz secara berkala sesuai dengan yang diinginkan. Setelah itu masuk ke rangkaian penguat sinyal agar keluaran dapat memancarkan gelombang ultrasonik melalui speaker. Lalu LCD akan menampilkan nilai frekuensi dan speaker akan memancarkan bunyi ultrasonik.
Diharapkan dengan terciptanya alat pengusir nyamuk menggunakan gelombang frekuensi ultrasonik ini lebih efisien untuk mengusir nyamuk dan tidak membahayakan kesehatan manusia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-07-18
How to Cite
ARDIWINNATA, Dinda; RAMDHANI, Mohamad; SUNARYA, Unang. PERANCANGAN DAN REALISASI ALAT PENGUSIR NYAMUK MENGGUNAKAN FREKUENSI ULTRASONIK BERBASIS MIKROKONTROLLER. Jurnal Elektro dan Telekomunikasi Terapan (e-Journal), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-6, july 2016. ISSN 2442-4404. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jett/article/view/62>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/jett.v1i1.62.
Section
Articles