IMPLEMENTASI SISTEM IDENTIFIKASI PAKAIAN MENGGUNAKAN RFID DAN NOTIFIKASI SMS PADA LAYANAN BINATU

Abstract

Bagi orang-orang yang sibuk setiap harinya, menggunakan jasa binatu memberikan keuntungan bagi kehidupan mereka. Namun, salah satu kerugian menggunakan jasa ini adalah terjadinya kehilangan atau tertukarnya pakaian kita dengan pakaian  orang  lain. Salah satu penyebabnya adalah karena  penyedia layanan binatu tidak  menggunakan  sistem  atau  alat  yang  dapat  mengidentifikasi kepemilikan pakaian tersebut secara otomatis.

Untuk mengatasi kelemahan tersebut diperlukan sistem identifikasi pakaian dengan  menggunakan  RFID  dan notifikasi melalui SMS. Pada sistem identifikasi ini,  pakaian pelanggan yang telah dipasangi tag RFID akan diidentifikasi menggunakan pembaca RFID yang sama-sama bekerja pada frekuensi 13.56MHz. Selanjutnya ID yang terdapat di tag tersebut diproses oleh mikrokontroler untuk dikirimkan ke PC dan disimpan pada database pelanggan dengan tampilan berbasis web. Setelah proses pencucian dan pengeringan selesai, pakaian diidentifikasi ulang agar tidak tertukar dengan pakaian dari pelanggan lainnya serta dibandingkan jumlahnya agar sesuai dengan identifikasi awal. Setelah dipastikan jumlahnya sesuai sistem akan mengirimkan notifikasi SMS ke pelanggan untuk menginformasikan bahwa pakaiannya telah siap diambil.

Sistem ini dapat mengidentifikasi pakaian dengan prosentase keberhasilan pembacaan ID 100%. Waktu yang dibutuhkan sistem dalam mengirimkan notifikasi SMS ke pelanggan secara rata-rata adalah 30 detik.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-07-18
How to Cite
NATALIES, Grislend Gloria; DARLIS, Denny; AULIA, Suci. IMPLEMENTASI SISTEM IDENTIFIKASI PAKAIAN MENGGUNAKAN RFID DAN NOTIFIKASI SMS PADA LAYANAN BINATU. Jurnal Elektro dan Telekomunikasi Terapan, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 7-10, july 2016. ISSN 2442-4404. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jett/article/view/73>. Date accessed: 04 july 2020. doi: https://doi.org/10.25124/jett.v1i1.73.
Section
Articles