APLIKASI SISTEM PEMANDU WISATA DI KOTA CIREBON BERBASIS ANDROID

  • Triyono Bentar Nugroho
  • Muhammad Iqbal
  • Yuyun Siti Rohmah

Abstract

Cirebon merupakan kota yang mempunyai potensi pariwisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Cirebon sangat kental dengan budaya islam jawa dengan dibuktikan bahwa Cirebon mempunyai 3 Keraton yaitu keraton Kacirebonan, Keraton Kesepuhan dan Keraton kanoman. Budaya yang dimiliki Kota Cirebon ini memberikan daya tarik yang berbeda bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Kota Cirebon. Bagi wisatawan yang baru mengenal wilayah Kota Cirebon dirasa sangat menyulitkan dengan mendapatkan informasi dan data mengenai lokasi-lokasi yang ingin dikunjungi. Pemandu wisata dapat menjadi solusi bagi para wisatawan yang baru mengenal wilayah Cirebon agar dapat memberikan informasi-informasi umum yang dibutuhkan wisatawan tersebut, tetapi peranan pemandu wisatawan belum tentu dapat memenuhi kebutuhan maupun keinginan wisatawan tersebut.
Pada paper ini dirancang sebuah sistem aplikasi pemandu berbasis platform Android. Aplikasi ini dapat memberikan informasi dan menjadi penunjuk arah lokasi wisata yang ingin dituju. Aplikasi ini dapat berfungsi layaknya pemandu wisata dimana informasi-informasi yang diberikan mancakup data kuliner, tempat wisata, hotel, kesenian, tempat ibadah dan trasnportasi.
Hasil Keluaran dari aplikasi pemandu wisata ini adalah informasi tempat wisata dan penunjuk arah dengan akurasi A-GPS minimal error jarak 3 meter dan maksimal error 30 meter. Kecepatan aplikasi dalam menentukan posisi pengguna bergantung pada kuat sinyal jaringan dan keadaan kondisi sekitar. Dengan demikian aplikasi ini sudah dapat diimplementasikan pada smartphone android.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-07-26
How to Cite
NUGROHO, Triyono Bentar; IQBAL, Muhammad; ROHMAH, Yuyun Siti. APLIKASI SISTEM PEMANDU WISATA DI KOTA CIREBON BERBASIS ANDROID. Jurnal Elektro dan Telekomunikasi Terapan, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 51-58, july 2016. ISSN 2442-4404. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jett/article/view/84>. Date accessed: 04 july 2020. doi: https://doi.org/10.25124/jett.v1i1.84.
Section
Articles