PENGONTROLAN HIGH POWER AMPLIFIER DAN DRIVER STANDAR DVB-T2 UNTUK PEMANCAR TV KOMUNITAS

  • Yuyun Siti Rohmah
  • Suci Aulia
  • Rahmat Sopian

Abstract

Sistem penyiaran TV di Indonesia masih menggu[nakan modulasi analog. Hal ini mengakibatkan penggunaan bandwidth frekuensi UHF tidak efisien. TV digital dikembangkan sebagai solusi permasalahan tersebut.Bandwidth UHF pada TV digital mampu menduduki 9 kanal televisi dalam bandwidth 8 Mhz. Pada penelitian sebelumnya, telah dirancang suatu HPA standar DVB T-2 sebagai salah satu komponen transmitter TV digital untuk TV Komunitas. Namun, perangkat power amplifier ini sangat rentan dan mudah rusak jika tidak memiliki pengontrolan yang cepat dan tepat. Sehingga diperlukan suatu sistem pengontrolan power amplifier untuk meningkatkan efesiensi penggunaan power amplifier tersebut di sisi transmitter TV komunitas.
Penelitian ini membahas perancangan sistem pengontrolan HPA (High Power Amplifier) dan driver standar DVB-T2 berbasis mikrokontroller yang diintegrasikan dengan sms gateway sehingga pengontrolan perangkat penguat tersebut bisa dilakukan dari jarak jauh.
Power Amplifier UHF ini memiliki VSWR 1.329 pada frekuensi tengahnya hal ini telah memenuhi speifikasi awal, yaitu VSWR ≤1.5. Dengan bandwidth sebesar 225 MHz serta memiliki gain sebesar 18 dB. Penguatan sinyal yang dihasilkan sesuai dengan parameter yang dikejarnya, sehingga mampu memancarkan sinyal informasi melalui transmitter TV digital. Namun aplikasi sistem pengontrolan power amplifier yang dibangun belum terwujud sempurna karena masih harus banyak perbaikan interface dan sistem yang belum terintegrasi dengan sempurna.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-07-26
How to Cite
ROHMAH, Yuyun Siti; AULIA, Suci; SOPIAN, Rahmat. PENGONTROLAN HIGH POWER AMPLIFIER DAN DRIVER STANDAR DVB-T2 UNTUK PEMANCAR TV KOMUNITAS. Jurnal Elektro dan Telekomunikasi Terapan, [S.l.], v. 2, n. 1, july 2016. ISSN 2442-4404. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jett/article/view/94>. Date accessed: 10 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.25124/jett.v2i1.94.
Section
Articles