Perancangan dan Pembangunan Sistem Failover Pada MySQL Menggunakan Heartbeat dan MySQL Native Replication untuk Menunjang Ketersediaan Data Online

  • Prajna Deshanta Ibnugraha

Abstract

Sistem basis data merupakan unsur penting untuk membangun aplikasi online. Aplikasi online tidak bekerja dengan baik jika sistem basis data terjadi kegagalan. Solusi untuk masalah ini adalah dengan menggunakan sistem failover. Sistem failover digunakan untuk mendukung ketersediaan data dengan sistem basis data cadangan jika sistem basis data utama sedang bermasalah. Sistem failover realtime di MySQL dapat dibangun dari kombinasi antara hearthbeat dan MySQL native. Pengujian failover dan sinkronisasi pada sistem yang dibangun dengan cara mematikan server basis data utama. Response time query digunakan sebagai parameter pengujian performansi. Dari hasil pengujian didapat bahwa sistem single server dengan sistem server berbasis failover memiliki performansi yang tidak terlalu jauh. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem failover model ini layak digunakan sebagai solusi kegagalan server.

Published
2017-04-06
How to Cite
IBNUGRAHA, Prajna Deshanta. Perancangan dan Pembangunan Sistem Failover Pada MySQL Menggunakan Heartbeat dan MySQL Native Replication untuk Menunjang Ketersediaan Data Online. Jurnal Teknologi Informasi, [S.l.], v. 1, n. 3, p. 102-106, apr. 2017. ISSN 2087-2429. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jti/article/view/445>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles