Aplikasi Pengelolaan Jasa dan Beban Notaris & PPAT (Studi Kasus: Kantor Notaris & PPAT Nurhayati Samperura, S.H., Sp.N.)

  • Simson Pandapotan
  • Magdalena Karismariyanti
  • Rochmawati Rochmawati

Abstract

Aplikasi pengelolaan jasa dan beban merupakan sistem yang dibuat untuk melakukan pencatatan transaksi jasa dan beban, serta pelaporan keuangan yang terjadi di kantor Notaris dan PPAT Nurhayati Samperura S.H., Sp.N. Pencatatan transaksi ini meliputi pencatatan pendapatan terhadap pengelolaan jasa pengurusan akta perusahaan, tanah, rumah, balik nama, dan perjanjian jual-beli, kemudian dilakukan perhitungan nilai terhadap transaksi yang dilakukan. Selain itu, aplikasi ini juga melakukan pencatatan beban operasional kantor, seperti beban listrik, telepon, iklan, perlengkapan, dan gaji. Aplikasi ini selain melakukan pencatatan dari aktivitas transaksi, juga menampilkan tahapan dalam siklus akuntansi yang meliputi jurnal, buku besar, dan laporan keuangan berupa laporan laba rugi, perubahan modal, dan neraca. Aplikasi berbasis web ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Analisis dan perancangan dilakukan secara terstruktur menggunakan flowchart, DFD, dan ERD. Pengujian aplikasi dilakukan dengan metode blackbox testing dan membandingkan masukan dan keluaran antara proses manual dan aplikasi, serta menguji fungsionalitas menu. Pengujian masukan dan keluaran antara proses manual dan aplikasi menunjukkan kesamaan seluruh hasil dalam pembuatan jurnal umum, buku besar, laporan laba rugi, perubahan modal, dan neraca. Sedangkan dalam pengujian fungsionalitas menu, keseluruhan pengujian berhasil dilakukan terhadap semua masukan, baik dalam penginputan klien, akta, beban, modal, prive, akun, login, dan hak akses

Published
2017-04-07
How to Cite
PANDAPOTAN, Simson; KARISMARIYANTI, Magdalena; ROCHMAWATI, Rochmawati. Aplikasi Pengelolaan Jasa dan Beban Notaris & PPAT (Studi Kasus: Kantor Notaris & PPAT Nurhayati Samperura, S.H., Sp.N.). Jurnal Teknologi Informasi, [S.l.], v. 1, n. 4, p. 122-130, apr. 2017. ISSN 2087-2429. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jti/article/view/457>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles