Aplikasi Pembelajaran Aksara Sunda untuk Sekolah Dasar Berbasis Multimedia Pada SDN Cicinde Utara 1 Banyusari Karawang

  • Rr. Tri Isnainy R
  • Siska Komala Sari
  • Hadi Prasetyo Utomo

Abstract

Aksara sunda merupakan sebuah pembahasan dari mata pelajaran bahasa sunda untuk Sekolah Dasar (selanjutnya disingkat SD) yang mempelajari huruf-huruf sunda. Dalam mempelajari materi aksara sunda ini, terdapat kesulitan yang dialami oleh para murid SD seperti susah menghafal dan mengingat aksara sunda tersebut. Aplikasi pembelajaran aksara sunda ini diperuntukkan untuk murid SD kelas 5 sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (selanjutnya disingkat KTSP) 2006 termasuk Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (selanjutnya disingkat SKKD) mata pelajaran bahasa sunda. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metodologi Luther yang terdiri dari 6 langkah, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Aplikasi ini diimplementasikan dengan menggunakan Adobe Flash CS3, Adobe Photoshop CS3, Adobe Flash Player sebagai alat bantu, dan Cool Edit Pro 2.1.


Aplikasi pembelajaran aksara sunda berbasis multimedia merupakan sebuah aplikasi yang dapat membantu para murid untuk mengingat dan menghafal aksara sunda dengan sebuah metode yang interaktif dan mudah dipahami oleh para murid. Pada aplikasi ini terdapat materi seperti aksara swara (vokal), aksara ngalagena (konsonan), fonem akhiran, penanda vokal, angka sunda, dan soal latihan aksara sunda berupa pilihan ganda dan isian untuk murid SD. Dari hasil pengujian aplikasi pembelajaran aksara sunda ini, kualitas aplikasi dinyatakan bernilai 98 persen dari skala 100 persen untuk membantu siswa kelas 5 SD dapat memahami, mengingat dan menghafal aksara sunda yang sebelumnya tidak dipahami

Published
2017-04-10
How to Cite
ISNAINY R, Rr. Tri; SARI, Siska Komala; UTOMO, Hadi Prasetyo. Aplikasi Pembelajaran Aksara Sunda untuk Sekolah Dasar Berbasis Multimedia Pada SDN Cicinde Utara 1 Banyusari Karawang. Jurnal Teknologi Informasi, [S.l.], v. 1, n. 7, p. 267-276, apr. 2017. ISSN 2087-2429. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jti/article/view/492>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles