Analisis Resiko Teknologi Informasi Sistem Terintegrasi iGracias Berbasis Risk Assesment Menggunakan SNI ISO-IEC 27001-2009

  • Periyadi Periyadi

Abstract

Sistem terintegrasi merupakan tantangan menarik dalam software development karena proses pengembangannya harus mengacu pada konsistensi sistem, agar sub-sub sistem yang sudah ada secara operasional masih tetap berfungsi sebagaimana mestinya, baik ketika proses mengintegrasikan sistem maupun setelah terintegrasi [1]. Universitas Telkom memanfaatkan fasilitas e-Learning untuk membantu proses pembelajaran dalam sistem terintegrasi. Aplikasi e-Learning Universitas Telkom bernama IDEA (Integrated Distance Education Application) dan pengelolaan aktivitas manajemen di dalam sistem tersebut, saat ini dapat diakses melalui portal sistem informasi Universitas Telkom, iGracias (Telkom University Integrated Information System). Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa kemungkinan munculnya berbagai ancaman dan risiko dapat menghambat bahkan melumpuhkan aktivitas di dalam sistem, salah satunya disebabkan oleh teknologi informasi yang digunakan. Proses analisis ini akan menghasilkan hasil analisis resiko mengenai aset fisik beserta kemungkinan risiko yang muncul Berbasis Risk Management menggunakan SNI ISO-IEC 27001-2009 pada sistem terintegrasi iGracias. Pada akhirnya organisasi dapat melakukan pencegahan, penanganan serta perbaikan untuk ke depannya sesuai dengan tingkat prioritas risiko.

Published
2017-04-10
How to Cite
PERIYADI, Periyadi. Analisis Resiko Teknologi Informasi Sistem Terintegrasi iGracias Berbasis Risk Assesment Menggunakan SNI ISO-IEC 27001-2009. Jurnal Teknologi Informasi, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 70-78, apr. 2017. ISSN 2087-2429. Available at: <http://journals.telkomuniversity.ac.id/jti/article/view/507>. Date accessed: 20 oct. 2017.
Section
Articles