Aplikasi Pengelolaan Dana dan Belanja Pemerintah Daerah Berbasis Web (Studi Kasus: Kelurahan Kebayoran Lama Selatan, Jakarta Selatan)

  • Susanti Fajriah
  • Fitri Sukmawati
  • Irna Yuniar

Abstract

Kelurahan Kebayoran Lama Selatan merupakan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) yang segala program kegiatannya didanai oleh pemerintah pusat. Kelurahan menerima anggaran dan merealisasikan anggaran sesuai dengan program yang telah ditetapkan. Anggaran dan realisasi masih dicatat dalam file Microsoft Excel. Dilihat dari sisi keamanan data kurang terjamin dan penyimpanan berkas tidak terpusat dan kurang terorganisir. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi akuntansi pengelolaa dana dan belanja pemerintah daerah Kelurahan Kebayoran Lama Selatan dan berfokus pada pengelolaan penerimaan dan pengeluaran kas yang telah dianggarkan. Aplikasi diharapkan dapat mencatat anggaran kegiatan dan realisasi dari anggaran untuk setiap kegiatan. Pembangunan aplikasi menggunakan perancangan sistem secara terstruktur dan implementasi menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan basisdata MySQL. Hasil pengujian fungsionalitas menyatakan aplikasi mampu menangani pengelolaan dana untuk program kegiatan yang sesuai dengan anggaran yang telah disetujui dan ditetapkan. Aplikasi juga mampu menampilkan laporan pengeluaran kas, laporan penerimaan kas, dan laporan realisasi anggaran. Aplikasi dapat digunakan dan membantu Kelurahan Kebayoran Lama Selatan, Jakarta selatan dalam pencatatan anggaran kegiatan beserta realisasinya dan pembuatan laporan sebagai sumber informasi yang bermanfaat untuk pengambilan keputusan di pemerintahan khususnya bagi Kelurahan Kebayoran Lama Selatan

Published
2017-04-11
How to Cite
FAJRIAH, Susanti; SUKMAWATI, Fitri; YUNIAR, Irna. Aplikasi Pengelolaan Dana dan Belanja Pemerintah Daerah Berbasis Web (Studi Kasus: Kelurahan Kebayoran Lama Selatan, Jakarta Selatan). Jurnal Teknologi Informasi, [S.l.], v. 1, n. 5, p. 189-195, apr. 2017. ISSN 2087-2429. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jti/article/view/548>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles