KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN STARBUCK: DAMPAK GREEN MARKETING DAN BRAND IMAGE

  • Toni Ardiyanto
  • Rennyta Yusiana
  • Arry Widodo

Abstract




Saat ini keadaan lingkungan mulai memburuk. Salah satu penyebabnya adalah sampah plastik. Penggunaan sampah plastik semakin meningkat karena banyak perusahaan minimarket menyediakan kantong plastik gratis saat berbelanja, padahal butuh waktu hingga 1000 tahun agar plastik tersebut dapat terurai. Ini meningkatkan kesadaran masyarakat dan perusahaan untuk melindungi lingkungan. Starbucks adalah perusahaan yang menggunakan konsep pemasaran hijau dengan menggunakan gelas untuk kemasan, memberi diskon kepada pelanggan yang membawa cangkir pribadi, menghemat air dan penggunaan bahan baku. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang merupakan konsumen Starbucks yang tinggal di wilayah Bandung. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 400 responden dengan teknik cluster sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur.Hasil penelitian ini; 1) Green marketing memiliki pengaruh signifikan terhadap citra merek sebesar 60%, citra merek pelanggan bahwa Starbucks Coffee adalah perusahaan yang peduli terhadap lingkungan; 2)Pemasaran hijau memengaruhi keputusan pembelian sebesar 4,796%, artinya pelanggan Starbucks Coffee tidak sepenuhnya menyadari pentingnya produk ramah lingkungan; dan 3) Pengaruh pemasaran hijau melalui citra merek pada keputusan pembelian adalah 67,39%, artinya penting bagi Starbucks Coffee untuk menggunakan citra merek sebagai perantara bagi konsumen untuk melakukan pembelian.




Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-01
How to Cite
ARDIYANTO, Toni; YUSIANA, Rennyta; WIDODO, Arry. KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN STARBUCK: DAMPAK GREEN MARKETING DAN BRAND IMAGE. JTIM - Jurnal Teknologi Informasi & Manajemen, [S.l.], v. 1, n. 2, mar. 2019. ISSN 2622-2647. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jtim/article/view/1858>. Date accessed: 15 nov. 2019.

Warning: array_merge(): Argument #2 is not an array in /client/journals/lib/pkp/classes/core/PKPApplication.inc.php on line 578

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /client/journals/plugins/generic/recommendByAuthor/RecommendByAuthorPlugin.inc.php on line 114