%A Yardha, Saufa %D 2017 %T KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM MEMBENTUK KONSEP DIRI PADA KOMUNITAS "SERIBU GURU ACEH" DI BANDA ACEH %K %X Komunikasi kelompok dalam membentuk konsep diri pada Komunitas Seribu Guru Aceh, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana komunikasi kelompok yang terjalin di antara sesama anggota, volunteer, dalam Komunitas Seribu Guru Aceh dan untuk mengetahui bagaimana komunikasi kelompok yang terjadi pada Komunitas Seribu Guru Aceh dalam membentuk konsep diri para anggotanya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian deskriptif. Teori yang digunakan yaitu teori looking glass self, perkembangan konsep diri. Subjek dalam penelitian ini adalah anggota Komunitas Seribu Guru Aceh yang berpartisipasi secara langsung dalam kegiatan komunitas, penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, dalam teknik pengumpulan data serta teknik penarikan sampel yang digunakan adalah snowball sampling yaitu sumber data yang pada awalnya sedikit, lama-lama menjadi besar dan sampai jenuh. Melalui penelitian pada anggota dan volunteer Komunitas Seribu Guru Aceh, di peroleh hasil bahwa komunikasi yang terjadi dan terjalin antara sesama anggota dan volunteer berjalan dengan baik, komunikasi kelompok dalam komunitas dapat membentuk konsep diri anggotnya serta konsep diri juga mengarah kepada konsep diri positif yaitu, meningkatkan rasa kepedulian, meningkatkan rasa percaya diri akan kemampuan diri yang dimiliki, memiliki banyak teman, menjadi lebih menghargai orang lain dan meningkatkan kemampuan berkomunkasi dengan baik. Yang terpenting bahwa melalui komunitas Seribu Guru Aceh seluruh anggota mempunyai kemampuan, berbagi ilmu dan pengalaman, kepada anak-anak yang membutuhkan, terutama anak-anak yang berada di daerah pedalaman dalam mengecap pendidikan %U //journals.telkomuniversity.ac.id/liski/article/view/1056 %J Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi) %0 Journal Article %R 10.25124/liski.v3i2.1056 %P 109-129%V 3 %N 2 %@ 2442-4005 %8 2017-11-13