TY - JOUR AU - Putri, Yuliani Rachma PY - 2017/06/21 TI - PENGARUH EMPLOYER BRANDING DAN EMPLOYER VALUE PROPOSITION TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DOSEN TELKOM UNIVERSITY JF - Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi); Vol 3 No 1 (2017): FEBRUARI 2017DO - 10.25124/liski.v3i1.808 KW - N2 - Telkom University sebagai salah satu institusi penyelenggara pendidikan tinggi swasta di Indonesia sebagai peleburan dari beberapa Institusi, namun sudah berada pada peringkat atas sebagai perguruan tinggi swasta yang diminati di Indonesia. Minat untuk menjadi bagian dari Telkom University tidak hanya untuk menjadi mahasiswa saja, melainkan untuk menjadi tenaga kerja atau tenaga pengajar di institusi ini. Brand Telkom yang digunakan yang sangat identik dengan PT. Telkom Indonesia sebagai penggagas awal berdirinya institusi ini, dimana brand tersebut sudah sangat dikenal secara nasional di Indonesia sebagai salah satu perusahaan BUMN terbesar yang masih kuat hingga saat ini selalu menjadi tujuan bagi para pencari kerja untuk melamar.  Hal ini terjadi pula di lingkungan institusi pendidikan Telkom University, tidak sedikit tenaga kerja khususnya tenaga pengajar (dosen) yang memiliki keinginan untuk menjadi bagian dari Telkom University. Sebagai fakultas yang termuda di Telkom University, Fakultas Komunikasi dan Bisnis sejak awal berdiri mencoba memenuhi kebuthan tenaga pengajar (dosen) serta mengelola dosen yang sudah ada sebelumnya. Berdasarkan hal itu, maka perlu ditelaah jika seorang Dosen kemudian memilih fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University  sebagai salah satu perguruan tinggi untuk mengabdi dan menetap serta melakukan Tri Dharma atas nama perguruan tinggi tersebut apakah ada unsur bahwa pilihan yang diambil atas dasar brand yang dimiliki institusi (employer branding), ataukah karena segala sesuatu yang diberikan atau ditawarkan oleh institusi tersebut (employe value proposition) sehingga dosen berkomitmen terhadap institusi untuk tetap tinggal hingga masa pengabdian dinyatakan berakhir (organizational commitment). Dari hasil penelitian diketahui bahwa employer branding maupun employee value proposition mempengaruhi organization commitment. employer branding memiliki kontribusi yang lebih kecil dalam mempengaruhi organization commitment dibandingkan employee value proposition.  Hal ini bisa dijabarkan dari hasil persamaan regresi yang didapat yaitu : Y = 32,269 + 0.322 X 1 + 0.740 X 2 + e . yang memperlihatkan bahwa jika employer branding meningkat satu satuan maka organization commitment berkecenderungan meningkat pula sebesar 0,322 satuan. Sedangkan jika employee value proposition meningkat satu satuan maka tingkat organization commitment berkecenderungan meningkat pula sebesar 0,740 satuan. Dengan  demikian terlihat bahwa employee value proposition memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap organization commitment dibandingkan pengaruh employer branding terhadap organization commitment. UR - //journals.telkomuniversity.ac.id/liski/article/view/808