ANALISIS PERILAKU CAPTIVE AUDIENCE PADA KEGIATAN ENTERTAINMENT BRANDING MELALUI INSRTION SINETRON JODOH WASIAT BAPAK SEBAGAI KEGIATAN KOMUNIKASI PEMASARAN

  • Indra Novianto Adibayu Pamungkas universitas Tekom

Abstract

Persaingan antar brand untuk masuk ke benak manusia bukanlah hal yang mudah. Kebiasaan banyak brand akan mengiklankan produknya namun kenyataan berbanding terbalik, orang tidak suka menonton iklan dan saat ini ada konsep baru dimana iklan dimasukan kedalam alur carita sinetron sebagai branding melalui dunia hiburan atau Entertainment Branding . Kondisi ini membuat pesan iklan diterima oleh audience captive. Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses captive audience ketika menonton insertion iklan pada sinetron Jodoh Wasiat Bapak hingga mencapai enggagemet. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang diambil dari proses wawancara mendalam. Dari penelitian ini didapati Captive audience dapat menjadi potential consumer untuk suatu brand hingga melakuakn enggageent. Pada dasarnya captive audience tidak sadar mereka sedang diinfomasikan suatu produk karena tujuan utama mereka adalah menonton sinteronnya. Dalam penelitian ini, captive audience dapat melakukan engagement produk dan mengingat bahwa ia diperkenalkan dari insertion pada sinetron tersebut.


Kata kunci : Insertion,  Entertainment Branding , Captive Audience

Published
2018-04-17
How to Cite
PAMUNGKAS, Indra Novianto Adibayu. ANALISIS PERILAKU CAPTIVE AUDIENCE PADA KEGIATAN ENTERTAINMENT BRANDING MELALUI INSRTION SINETRON JODOH WASIAT BAPAK SEBAGAI KEGIATAN KOMUNIKASI PEMASARAN. Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 73-90, apr. 2018. ISSN 2442-4005. Available at: <http://journals.telkomuniversity.ac.id/liski/article/view/1190>. Date accessed: 24 may 2018.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.