PENGARUH VIDEO PESAN SATU SISI TERHADAP PENGETAHUAN DAN PENILAIAN PETANI PADA GOOD AGRICULTURAL PRACTICES (GAP) BAWANG MERAH DI BANTEN

  • Vina Mahdalena
  • Pudji Muljono
  • Cahyono Tri Wibowo

Abstract

Keberpihakan pesan merupakan kunci penting dalam komunikasi persuasi yang dapat mengubah sisi kognitif dan afektif. Desain pesan yang digunakan pada penelitian ini hanya menampilkan sisi positif (keunggulan) dari GAP bawang merah disebut juga pesan satu sisi. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis seberapa besar pesan satu sisi dapat meningkatkan pengetahuan dan mengubah penilaian petani pada inovasi GAP bawang merah. Metode yang digunakan yaitu eksperimen model Solomon desain empat kelompok karena dinilai memiliki akurasi paling tinggi dibanding jenis eksperimen lainnya. Penelitian ini dilakukan di Desa Gempol Sari dengan melibatkan 48 petani yang dibagi ke dalam empat kelompok observasi. Hasil tes awal pengetahuan petani berada pada kategori sedang, setelah diberi perlakuan video pesan satu sisi kemudian meningkat hingga pada kategori tinggi. Selanjutnya, hasil tes awal pada penilaian petani menunjukkan sikap yang negatif (unfavorable) setelah diberi perlakuan video pesan satu sisi kemudian mereka mengubah sikapnya hingga pada kategori positif (favorable). Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa desain pesan satu sisi yang ditayangkan kepada petani dengan media video terbukti efektif meningkatkan pengetahuan dan mengubah sikap petani menjadi lebih positif menyikapi inovasi GAP bawang merah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-01
How to Cite
MAHDALENA, Vina; MULJONO, Pudji; WIBOWO, Cahyono Tri. PENGARUH VIDEO PESAN SATU SISI TERHADAP PENGETAHUAN DAN PENILAIAN PETANI PADA GOOD AGRICULTURAL PRACTICES (GAP) BAWANG MERAH DI BANTEN. Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 40-54, feb. 2019. ISSN 2442-4005. Available at: <http://journals.telkomuniversity.ac.id/liski/article/view/1818>. Date accessed: 25 mar. 2019. doi: https://doi.org/10.25124/liski.v5i1.1818.
Section
Articles