HUBUNGAN INFORMASI DALAM KEGIATAN PROMOSI ALL ABOUT WEDDING DENGAN SIKAP PESERTA TERHADAP VENDOR WEDDING LINTAS WARNA

  • Isni Raihan Khalish Universitas Padjadjaran
  • Hanny Hafiar Universitas Padjadjaran
  • Lukita Komala Erdinaya Universitas Padjadjaran

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara valensi informasi dan bobot informasi pada kegiatan promosi All About Wedding dengan sikap peserta terhadap vendor wedding Lintas Warna. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi yaitu Integrasi Informasi yang dikemukakan oleh Martin Fishbein. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis korelasional. Teknik pengumpulan data melalui angket, wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta pada kegiatan promosi All About Wedding pada tanggal 19 Desember 2015. Teknik penarikan sampel yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu teknik Sample Random Sampling dengan jumlah sampel 72 orang. Uji validitas menggunakan rumus Rank Spearman dan Uji Realibilitas menggunakan rumus Alpha Cronboach. Teknik analisis data deskriptif dalam statistik inferensial melalui uji hipotesis Rank Spearman.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara informasi pada kegiatan promosi All About Wedding dengan sikap peserta terhadap vendor wedding Lintas Warna. Kekuatan hubungan berada pada kategori cukup berarti antara kedua variable tersebut. Namun tidak cukup besar dalam membentuk sikap peserta untuk menggunakan vendor wedding Lintas Warna.Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Valensi informasi dan Bobot informasi memiliki hubungan yang cukup berarti dengan sikap peserta terhadap vendor wedding Lintas Warna. Walaupun masih terdapat informasi yang dipandang kurang meyakinkan, tidak jelas, dan tidak detail setelah peserta mengakumulasikan informasi pada kegiatan promosi. Saran dari  penelitian ini yaitu sebaiknya Lintas Warna event organizer melakukan pemeriksaan ulang terhadap panduan informasi agar informasi tersampaikan secara detail dan sesuai dengan yang disampaikan oleh penjaga stand dan pada brosur Lintas Warna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Bahra bin Ladjamudin.2005.Analisis Dan Desain Sistem Informasi.Yogyakarta :Graha Ilmu
Alma, Buchari.2011.Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa.Bandung:Alfabeta
Azwar, Saifuddin.2013. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Curtis, Floyd dan Jerry L.Winsor.2006. Komunikasi Bisnis dan Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Littlejohn, Stephen W.2014. Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.
Rakhmat, Jalaluddin.2012.Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
_________________.2012.Psikologi Komunikasi. Bandung:PT.Remaja Rosdakarya
Sutanta, Edhy.2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta:Graha Ilmu
Published
2017-03-04
How to Cite
KHALISH, Isni Raihan; HAFIAR, Hanny; ERDINAYA, Lukita Komala. HUBUNGAN INFORMASI DALAM KEGIATAN PROMOSI ALL ABOUT WEDDING DENGAN SIKAP PESERTA TERHADAP VENDOR WEDDING LINTAS WARNA. Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 180-196, mar. 2017. ISSN 2442-4005. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/liski/article/view/254>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/liski.v2i2.254.