REPRESENTASI MAKNA QURBAN DALAM BUDAYA POPULER: Membaca Konsumerisme melalui Analisis Semiotika Barthes Iklan Cetak PKPU Kurbanmu Kendaraanmu

  • Mohamad Syahriar Telkom University
  • Mohamad Syahriar Telkom University

Abstract

Fenomena iklan kurban menjadi sebuah hal yang menarik dikaji terutama dikaitkan keberadaan kurban sebagai sebuah ritual ibadah, bukan sekedar komoditas barang atau jasa. Penggunaan iklan dalam menyampaikan informasi mengenai jasa layanan kurban dapat dianalisa untuk melihat bagaimana konten iklan dalam layanan jasa kurban dirancang sedemikian rupa dalam jalinan tanda yang memiliki makna tertentu, baik secara denotatif, konotatif, hingga mitos yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kritis dengan menggunakan analisis semiotika Barthes untuk membongkar makna hingga tataran ideologisnya. Iklan yang diteliti adalah iklan qurban PKPU versi Qurbanmu Kendaraanmu-mobil sport. Hasil analisis menunjukkan bagaimana penggunaan tanda dalam iklan Qurbanmu Kendaraanmu menggunakan tanda tertentu yang memiliki makna, dimana pada tataran denotatif iklan ini menjelaskan kurban sebagai sebuah bentuk ritual ibadah yang memiliki aspek teologis sekaligus sosial, di tataran konotatif bagaimana iklan mengemas simbolisasi kurban dengan tanda artifisial yang mengedepankan status sosial, dan di tataran ideologis tampak bahwa konsumerisme menjadi sebuah tanda utama yang ditampilkan secara kontradiktif dengan nilai denotatif yang dimaksudkan dalam iklan Qurbanmu Kendaraanmu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barthes, Roland (2012). Elemen-elemen Semiologi. Yogyakarta : Jalasutra
Barthes, Roland. (2007). Membedah Mitos Nitos Budaya Massa: Semiotika atau Sosiologi Tanda, Simbol, dan Representasi. Yogyakarta : Jalasutra
Baudrillard, Jean(2006). Ekstasi Komunikasi. Yogyakarta : Kreasi Wacana
Meleong, Lexy J. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Myers, Kathy (2012). Membongkar Sensasi dalam Godaan Iklan. Yogyakarta : Jalasutra
Nasution, Prof. Dr. S.(2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung : Tarsito.
Sobur, Alex (2013). Semiotika Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Shihab, M. Quraish (2002). Tafsir Al Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al Quran. Jakarta: Lentera Hati.
Vera, Nawiroh (2014). Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia.
Published
2017-03-04
How to Cite
SYAHRIAR, Mohamad; SYAHRIAR, Mohamad. REPRESENTASI MAKNA QURBAN DALAM BUDAYA POPULER: Membaca Konsumerisme melalui Analisis Semiotika Barthes Iklan Cetak PKPU Kurbanmu Kendaraanmu. Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 147-179, mar. 2017. ISSN 2442-4005. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/liski/article/view/286>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/liski.v2i2.286.