STRATEGI PROGRAMMING RADIO KOMUNITAS (Studi Kasus Radio Komunitas Seni Budaya (RKSB) Ujung Berung Kota Bandung)

  • Reni Nuraeni Universitas Telkom
  • Fauzia Octaviani
  • Agus Aprianti Universitas Telkom

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi programming Radio Komunitas Seni Budaya. Penelitian ini berfokus pada strategi programming program di Radio Komunitas Seni Budaya. Strategi yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah strategi programming Radio Komunitas Seni Budaya (RKSB) Ujung Berung Bandung.

Hasil penelitian dan analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa Radio Komunitas Seni Budaya belum sempurna dalam menerapkan teori tentang strategi programming menurut Sydney tersebut. Dalam Kesesuaian, program disiarkan per-tiga jam dan prime time terletak pada jam 15:00 – 18:00 dan setelah jam 19:00. Dalam Membangun Kebiasaan, Radio Komunitas Seni Budaya melakukan pemberitahuan jadwal program yang disiarkan dengan diiringi jingle.

Dalam Pengontrolan Aliran Pendengar, Radio Komunitas Seni Budaya menyebutkan nama pendengar yang mengirim SMS atau menelepon saat program mengudara. Dalam Pemeliharaan Sumber Daya Program, materi program diperoleh dari sumbangan masyarakat Ujungberung. Dalam Daya Tarik yang Luas, Radio Komunitas Seni Budaya menyajikan program live on air.

Kesimpulan dari penelitian ini, strategi programming ini dirasa belum tepat untuk diterapkan di radio komunitas karena sebuah radio komunitas harus memiliki sumber daya manusia dan perlengkapan yang memadai untuk bisa merumuskan strategi program yang sempurna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Effendy, Onong Uchyana. (2009). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung,Indonesia: CV. Remaja Rosdakarya

Eastman, Susan Tyler dan Ferguson, Douglas A. (2013). Media Programming: Strategies & Practices. Boston USA: Thomson Wadsworth

Yudhapramesti dan Fadilah. 2011. Media Lokal Sebagai Sarana Pelestarian Budaya Lokal. Library Fikom Unpad.

Masduki. 2005. Perkembangan dan Problematika Radio Komunitas di Indonesia. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=130743&val=5410
Published
2016-08-03
How to Cite
NURAENI, Reni; OCTAVIANI, Fauzia; APRIANTI, Agus. STRATEGI PROGRAMMING RADIO KOMUNITAS (Studi Kasus Radio Komunitas Seni Budaya (RKSB) Ujung Berung Kota Bandung). Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 94-103, aug. 2016. ISSN 2442-4005. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/liski/article/view/50>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/liski.v2i1.50.
Section
Articles