PENGELOLAAN KESAN MAHASISWA PENGGUNA OOTD STYLE DI INSTAGRAM

(Studi Dramaturgi pada Mahasiswa pengguna foto OOTD di akun @ootdupi)

  • Mochamad Adam Fauzi Student
  • Reni Nuraeni Universitas Telkom

Abstract

 


ABSTRAK


 


Instagram menjadi sebuah media sosial yang digandrungi oleh kaum remaja khususnya mahasiwa. OOTD Style menjadi sebuah trend fashion yang terus berkembang mengikuti zaman dengan menunjukkan outfit yang dipakainya di hari itu. Permainan peran dilakukan oleh mahasiswa pengguna OOTD Style melalui pengelolaan kesan yang dibuat untuk dapat tampil sebaik-baiknya hingga mendapatkan predikat sebagai mahasiswa yang fashionable. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui penampilan panggung depan dan panggung belakang serta mendeskripsikan pengelolaan kesan mahasiswa pengguna OOTD Style yang di repost oleh akun @ootdupi di media sosial Instagram.


Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan format deskriptif dengan pendekatan dramaturgi berdasarkan paradigma konstruktivis. Informan terdiri dari tiga informan utama dan satu informan pendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa image yang dibangun oleh mahasiswa pengguna OOTD Style yaitu melalui dramaturgi dan pengelolaan kesan di Instagram sebagai panggung depannya. Kesan fashionable ditunjukkan oleh ketiga informan melalui pemilihan outfit yang dipakai hingga berbagai macam hal penunjang lainnya agar foto outfit of the day yang ditunjukkan ketiga informan di Instagram terlihat lebih menarik.


Kata Kunci: Pengelolaan Kesan, Dramaturgi, Instagram, OOTD Style

Published
2017-11-13
How to Cite
ADAM FAUZI, Mochamad; NURAENI, Reni. PENGELOLAAN KESAN MAHASISWA PENGGUNA OOTD STYLE DI INSTAGRAM. Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 206-222, nov. 2017. ISSN 2442-4005. Available at: <http://journals.telkomuniversity.ac.id/liski/article/view/782>. Date accessed: 25 may 2018.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.