ANALISIS IKLAN TOKOBAGUS.COM VERSI “BARANG BAYI TAK TERPAKAI”

Studi Semiotika Roland Barthes

  • Muhammad Bronto Latief Universitas Telkom

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis semiotika untuk menganalisis objek yang diteliti. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan teori semiotika yang di paparkan oleh Roland Barthes deskripsi mengenai iklan Tokobagus.com versi “Barang Bayi Tak Terpakai†dianalisis pada tataran sistem penandaan pertama yang memunculkan makna denotasi, tataran sistem kedua yang memunculkan makna konotasi serta tataran mitos dan ideologi yang terkandung dalam iklan Tokobagus.com. Pada tataran denotasi, iklan Tokobagus.com versi “Barang Bayi Tak Terpakai†menggambarkan sebuah aktifitas disebuah keluarga kecil yang mendapat masalah ketika seorang bapak memakaikan baju kekecilan kepada anaknya karena pakaian tersebuat merupakan pakaian bekas sewaktu anak masih bayi untuk kemudian Tokobagus.com muncul sebagai sarana yang tepat untuk menjual barang bekas. Sedangkan pada tataran konotasi, banyak makna-makna yang muncul yang bersumber dari mitos seperti seorang wanita atau ibu lebih tahu tentang cara merawat anaknya ketimbang sang ayah. Di samping hal tersebut, di dalam ini peneliti menemukan adanya sebuah ideologi kapitalis yang dikonstruksi pada iklan Tokobagus.com versi “Barang Bayi Tak Terpakai†dimana barang bekas dapat dijadikan sebagai modal atau barang yang dapat dijual, bahkan untuk pakaian bayi sekalipun dapat dijadikan uang

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-02-25
How to Cite
LATIEF, Muhammad Bronto. ANALISIS IKLAN TOKOBAGUS.COM VERSI “BARANG BAYI TAK TERPAKAIâ€. Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 59-87, feb. 2015. ISSN 2442-4005. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/liski/article/view/814>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/liski.v1i1.814.
Section
Articles