CO-BRANDING DESTINASI WISATA BANDUNG DAN POCARI SWEAT DALAM EVENT POCARI SWEAT BANDUNG WEST JAVA MARATHON

  • Itca Istia Wahyuni UNIVERSITAS TELKOM

Abstract

aAbstract


Co-Branding adalah kegiatan branding dengan mengkolaborasikan lebih dari satu brand.  Bandung sebagai destinasi wisata berkolaborasi dengan brand Pocari Sweat sebagai brand yang dikenal dengan minuman kemasan pengganti ion tubuh dalam event Pocari Sweat Bandung Java Marathon. Kegiatan co-branding ini menggabungkan positioning Bandung dengan“ Smart City “ dan Pocari Sweat dengan “Born To Sweat”. Sedangkan tagline dari event Pocari Sewat adalah “be a finisher, not just a tourist”.Positioning Bandung smart city adalah konsep kota integrasi dan pemanfaatan teknologi yang tinggi. Konsep smart city kota Bandung juga memerlukan smart people dan unggul yang tergambarkan dalam positioning “Born to Sweat” dari Pocari Sweat. Event Bandung West Java Marathon dipilih karena pertama kalinya membuka kategori full marathon serta Pocari Sweat Run selama 3 tahun berturut-turut dinobatkan sebagai the best 5K/10 K/Half Marathon 2016 versi majalah elektronik dan komunitas lari. Metodologi Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivisme. Hasil dari penelitian ini adalah kesesuaian positioning (tagline) yang dibuat dengan persepsi dengan persepsi pelari yang mengikuti event Pocari Sweat Bandung Java Marathon dan berasal dari luar kota Bandung.


 


Keyword: Co-Branding, Positioning, Brand Touchpoints


 


                Abstract


Co-Branding is a branding activity by collaborating more than one brand. Bandung as a tourism destination collaboration with Pocari Sweat as a  ion soft drink brand  in Pocari Sweat Bandung Java Marathon event. This co-branding activity combines the positioning of Bandung as "Smart City" and Pocari Sweat as "Born To Sweat". While the tagline of Pocari Sweat event is "be a finisher, not just a tourist". Bandung as smart city is the concept of city integration and utilization of high technology. The concept of smart city also requires smart people which is depicted by the Pocari Sweat's positioning as "Born to Sweat". The Bandung West Java Marathon event was chosen because it first opened the category of full marathon and Pocari Sweat Run for 3  years as the best 5K / 10 K / Half Marathon 2016 by electronic magazine and running community. This research used constructivist methodology. The results of this research is the suitability of positioning (tagline) that been made in event with customer perceptions who follow the  Pocari Sweat Bandung Java Marathon.


 


 


Keyword: Co-Branding, Positioning, Brand Touchpoints


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-11-13
How to Cite
WAHYUNI, Itca Istia. CO-BRANDING DESTINASI WISATA BANDUNG DAN POCARI SWEAT DALAM EVENT POCARI SWEAT BANDUNG WEST JAVA MARATHON. Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 171-180, nov. 2017. ISSN 2442-4005. Available at: <http://journals.telkomuniversity.ac.id/liski/article/view/954>. Date accessed: 15 aug. 2018.