%A Dewi, Irma Nurlita %A Munadi, Rendy %A Vidya Y., Leanna %D 2016 %T SIMULASI DAN ANALISIS PERFORMANSI DARI PROTOKOL ROUTING BERBASIS POSISI GPRS DAN GyTAR UNTUK VEHICLE COMMUNICATION PADA VEHICULAR AD HOC NETWORK (VANET) %K %X Vehicular Ad hoc Network (VANET) merupakan konsep subset dari Mobile Ad hoc Networks (MANET)  sebagai teknologi yang memungkinkan komunikasi Inter Vehicle Communication (IVC) dan Roadside-toVehicle (RVC).VANET dikarakteristikkan dengan membangun jaringan ad hoc yang dibentuk dari  nodenode berupa kendaraan bermobilitas tinggi yang dibatasi dengan aturan lalu lintas sehingga  pergerakannya disesuaikan dengan pola tertentu, tidak seperti MANET yang pergerakannya bisa random  tanpa ada batasan. Dengan demikian, protokol routing konvensional berbasis topologi pada MANET dinilai  tidak cocok untuk VANET. Protokol routing berbasis posisi sepeti GPSR dan GyTAR dinilai cocok untuk  VANET. Hal ini tak lain karena aspek dinamika topologi pada VANET yang dapat berdampak nyata pada  analisis protokol  routing . Dari hasil simulasi diperoleh bahwa GyTAR unggul pada skenario lingkungan  perkotaan dilihat dari seluruh parameter end-to-end delay ,  packet delivery ratio , packet loss dan normalized  routing overhead yang lebih baik dari GPSR dengan rata-rata nilai masing-masing, yakni 2,294 ms, 0,958,  4,19%, dan 0,482. Sementara pada skenario lingkungan jalan tol GPSR lebih unggul dibandingkan GyTAR  dengan rata-rata nilai end-to-end delay ,  packet delivery ratio , dan packet loss sebesar 2,639 ms, 0,920, dan  7,923%; namun dengan perolehan NRO yang lebih kecil oleh GyTAR, yakni sebesar 1,725. Kata Kunci : VANET, MANET , GPSR, GyTAR, IVC, SUMO %U //journals.telkomuniversity.ac.id/tektrika/article/view/243 %J TEKTRIKA - Jurnal Penelitian dan Pengembangan Telekomunikasi, Kendali, Komputer, Elektrik, dan Elektronika %0 Journal Article %R 10.25124/tektrika.v1i1.243 %V 1 %N 1 %@ 2502-2105 %8 2016-09-21