PENGARUH LAJU ALIRAN UDARA TERHADAP HAMBATAN TERMAL HEAT SINK UNTUK PENDINGIN ELEKTRONIK

  • Tri Ayodha Ajiwiguna

Abstract

Pengukuran hambatan termal dari lima jenis geometri heat sink berbeda untuk keperluan pendingin elektronik dilakukan pada penelitian ini. Sistem alat uji hambatan termal yang dibuat terdiri dari modul termoelektrik sebagai sumber panas, stainless steel sebagai material rujukan, dan kipas untuk memvariasikan laju aliran udara. Temperatur udara, bagian bawah dan atas material rujukan diukur dengan menggunakan termokopel tipe T. Laju aliran udara diatur sehingga memiliki nilai dari 0.06 sampai dengan 0.16 m3/s. Disipasi kalor diukur dengan menghitung laju aliran kalor konduksi yang terjadi pada material rujukan. Dari pengukuran tersebut, hambatan termal dari masing-masing heat sink kemudian dihitung dan dibandingkan dengan berbagai nilai laju aliran udara. Dari hasil yang didapatkan secara umum bahwa semakin besar laju aliran udara mengakibatkan menurunnya hambatan termal dari heat sink

Published
2019-01-14
How to Cite
AJIWIGUNA, Tri Ayodha. PENGARUH LAJU ALIRAN UDARA TERHADAP HAMBATAN TERMAL HEAT SINK UNTUK PENDINGIN ELEKTRONIK. TEKTRIKA - Jurnal Penelitian dan Pengembangan Telekomunikasi, Kendali, Komputer, Elektrik, dan Elektronika, [S.l.], v. 1, n. 2, jan. 2019. ISSN 2502-2105. Available at: <http://journals.telkomuniversity.ac.id/tektrika/article/view/1748>. Date accessed: 25 mar. 2019. doi: https://doi.org/10.25124/tektrika.v1i2.1748.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.