SISTEM AUTOKONEKSI PERANGKAT CERDAS YANG DITERAPKAN PADA SISTEM PENGAWASAN DAN KONTROL DENGAN MENGGUNAKAN INTERNET OF THINGS

  • Nanda Cahyangtia Pratama

Abstract

Perangkat cerdas yang memiliki kecerdasan dalam melakukan koneksi ke internet dan proses otomatisasi registrasi di server merupakan bagian yang dibutuhkan dalam terbentuknya internet of things. Pada penelitian ini dikembangkan perangkat cerdas untuk membangun sambungan ke internet menggunakan jaringan 3G dengan mendeteksi SIM card yang digunakan dan kecerdasan sistem untuk melakukan otomatisasi registrasi di server, serta mampu mengalokasikan database sesuai dengan ID perangkat cerdas. Penerapan kecerdasan dalam mikrokontroler yaitu kecerdasan dalam memproses data sensor untuk melakukan aksi tertentu. Dari hasil pengujian perangkat, diperoleh waktu yang dibutuhkan untuk mendeteksi SIM card adalah 0,46 detik dan waktu koneksi ke jaringan internet adalah 17,961 detik.

Published
2019-01-14
How to Cite
PRATAMA, Nanda Cahyangtia. SISTEM AUTOKONEKSI PERANGKAT CERDAS YANG DITERAPKAN PADA SISTEM PENGAWASAN DAN KONTROL DENGAN MENGGUNAKAN INTERNET OF THINGS. TEKTRIKA - Jurnal Penelitian dan Pengembangan Telekomunikasi, Kendali, Komputer, Elektrik, dan Elektronika, [S.l.], v. 1, n. 2, jan. 2019. ISSN 2502-2105. Available at: <http://journals.telkomuniversity.ac.id/tektrika/article/view/1749>. Date accessed: 25 mar. 2019. doi: https://doi.org/10.25124/tektrika.v1i2.1749.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.