PERANCANGAN MODEL PREDICTIVE CONTROL (MPC) PADA SISTEM PENDULUM TERBALIK

  • Cahyantari Ekaputri

Abstract

Model Predictive Control (MPC) memiliki ide dasar untuk menghasilkan nilai masukan suatu proses sebagai solusi masalah optimisasi yang real-time. Optimisasi tersebut dilakukan berdasarkan pada pemodela suatu sistem. MPC digunakan untuk mengatasi masalah kendali multivariable yang memungkinkan ada lebih dari satu variable yang cukup signifikan terhadap proses.
Kelebihan MPC adalah dapat bekerja secara efektif saat menghadapi batasan-batasan (constraints) dari aktuator. Kelemahan dari MPC adalah perhitungan yang cukup rumit dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pemrosesan data dibandingkan pengendali lain. Tulisan ini membahas mengenai aplikasi MPC pada sistem pendulum terbalik.
Tahapan yang dilakukan dimulai dari pemodelan sistem, perancangan sistem menggunakan MATLAB, simulasi perancangan menggunakan MATLAB dan analisis hasil. Setelah tahapan tersebut disimulasikan, dapat dilihat bahwa pengendali MPC yang dirancang dapat mengembalikan batang pendulum ke titik seimbangnya saat diberi gangguan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-14
How to Cite
EKAPUTRI, Cahyantari. PERANCANGAN MODEL PREDICTIVE CONTROL (MPC) PADA SISTEM PENDULUM TERBALIK. TEKTRIKA - Jurnal Penelitian dan Pengembangan Telekomunikasi, Kendali, Komputer, Elektrik, dan Elektronika, [S.l.], v. 1, n. 2, jan. 2019. ISSN 2502-2105. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/tektrika/article/view/1753>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/tektrika.v1i2.1753.
Section
Survey Articles